​Gandeng Gerkatin dan Relawan, FPRB Jatim Gelar Aksi Tanam Pohon di Waduk Siman Kediri

​Gandeng Gerkatin dan Relawan, FPRB Jatim Gelar Aksi Tanam Pohon di Waduk Siman Kediri Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi didampingi relawan saat ikut menanam pohon di area Waduk Siman, Kecamatan Kepung, Minggu (7/3/2021). (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Jawa Timur menggandeng  (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) dan puluhan relawan pecinta lingkungan menggelar aksi menanam pohon di area Waduk Siman di Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Minggu (7/3/2021).

Tidak hanya menanam pohon, FPRB juga membagikan masker kepada warga yang kebetulan berada di lokasi penanaman pohon di area Waduk Siman.

Selain , para relawan yang terlibat dalam aksi tanam pohon dan bagi masker tersebut yakni MDMC, LPBI NU, MUI, Jangkar Kelud, Kosti (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) Kediri, Komunitas Sepeda Mini, dan ARMI, serta warga sekitar.

Sekjen Catur Sudarmanto menjelaskan bahwa sasaran maupun harapan yang ingin dituju dalam kegiatan forum pengurangan risiko bencana adalah meningkatkan pemahaman berbagai pemangku kepentingan dalam membangun kerja sama para pihak serta meningkatkan partisipasi para pihak dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Menurut Mbah Darmo, demikian sapaannya, FPRB adalah perwujudan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di daerahnya. FPRB terdiri dari perwakilan lembaga usaha, akademisi, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, media massa, donor, organisasi profesi/keahlian, legislatif, yudikatif, dan organisasi perangkat daerah, serta relawan penanggulangan bencana.

"Jadi FPRB itu ibarat pelangi, karena di dalamnya ada bermacam-macam warna, tapi mempunyai tujuan satu yaitu berupaya untuk pengurangan risiko bencana," kata Mbah Darmo, di lokasi penanaman di sisi barat Waduk Siman, Minggu (7/3/2021).

Ditambahkan oleh Mbah Darmo, FPRB adalah mitra dari BPBD provinsi maupun BPBD kabupaten/kota. FPRB memiliki visi "Memastikan Pembangunan Daerah Berbasis Pengurangan Risiko Bencana".

"Salah satu upaya untuk pengurangan bencana itu adalah dengan menanam pohon seperti yang kami lakukan bersama relawan di Waduk Siman ini," imbuh Mbah Darmo seraya mengatakan bahwa selain menanam pohon pihaknya juga membagikan masker kepada warga sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Sementara itu, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi yang juga hadir dan ikut menanam pohon di Waduk Siman mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi upaya dari FPRB dan relawan pecinta lingkungan untuk mengurangi risiko bencana dengan menanam pohon.

"Sepanjang sebagai upaya untuk mengurangi risiko bencana, pemerintah dalam hal ini BPBD Kabupaten Kediri akan mendukung dan men-support kegiatan dari kawan-kawan FPRB dan para relawan dalam aksi tanam pohon ini, termasuk pembagian masker sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19," kata pria yang juga Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri itu. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO