Jumat, 23 April 2021 08:47

Bupati Gus Yani Marah Besar di Pasar Petiken Driyorejo Gresik, Ini Penyebabnya

Jumat, 05 Maret 2021 15:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Bupati Gus Yani Marah Besar di Pasar Petiken Driyorejo Gresik, Ini Penyebabnya
Bupati Gus Yani (kanan) saat memberikan arahan agar pengelola pasar menjaga kebersihan Pasar Petiken. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) langsung marah besar terhadap pengelola pasar saat meninjau area dalam Pasar Petiken di Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jumat (5/3/2021) pagi.

Wajah orang nomor satu di Pemkab Gresik ini yang asalnya murah senyum dan sumringah kepada para pedagang yang dijumpai, tiba-tiba berubah drastis 180 derajat ketika menjumpai sampah berserakan di tengah jalan sekitar pasar serta melihat tumpukan sampah.

Sorot mata Bupati Gus Yani langsung tertuju pada tumpukan sampah yang berserakan dan kondisi saringan besi yang kotor. Pihak pengelola pasar pun langsung dipanggil. Di hadapan pengelola pasar, Gus Yani menunjukkan dua keranjang dari kayu berisi sampah plastik dan sampah basah dari sayur yang kondisinya berceceran di tengah persimpangan jalan area dalam pasar. Grill saringan selokan yang berada di dalam pasar juga tersumbat sampah yang tidak kunjung dibuang.

"Jangan terima retribusi saja, tapi tidak mau jaga kebersihan pasar. Besok saya cek, tidak bersih awas kamu," kata Bupati Gus Yani kepada pengelola pasar.

BACA JUGA : 

Sepi Pembeli, Puluhan Pedagang Buah di Pasar Kota Gresik Wadul Bupati Gus Yani

KPK Dikabarkan Usut Penjualan Tanah Uruk Gunung Lengis dan Proyek Gelora Joko Samudro Gresik

Terpilih Aklamasi, Dokter Anis Ambiyo Putri Jabat Ketua KONI Gresik

Buka Musorkab KONI Gresik 2021, Bupati Gus Yani Berpesan Jangan Ada Lagi Atlet Terlantar

Sementara pihak pengelola pasar hanya menunduk saat Gus Yani memberikan arahan soal kebersihan pasar. 

"Pemerintah melalui vaksinasi membantu para pedagang agar sehat, tugasmu membuat pasar ini bersih. Pasar itu aman, jangan sampai ada copet, nanti kalau ada copet saya pastikan tidak ada yang mau ke sini. Kamu jangan menerima retribusinya saja, tapi tidak mau nata pasar," ujarnya.

Bupati Gus Yani kemudian kembali berjalan menyisir Pasar Piteken di area depan. Ia bersama rombongan yang terdiri dari Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf. Taufik Ismail, Ketua DPRD Gresik Moch. Abdul Qodir, Kadinkes Gresik drg. Saifudin Ghozali, dan Kadiskoperindag Agus Budiono.

Seketika raut wajahnya langsung berubah menjadi murah senyum lagi saat menyapa para pedagang yang ditemuinya, sembari menanyakan vaksinasi yang diterima oleh para pedagang hari ini.

Sebelum meninggalkan pasar, Bupati Gus Yani kembali mengingatkan pengelola pasar dan Kepala Diskoperindag Gresik Agus Budiono di hadapan para pedagang pasar tentang kebersihan dan keamanan pasar.

"Pasar harus bersih, sehat, dan aman. Tidak boleh santai-santai begitu kerjanya. Sampeyan (Anda) harus punya tanggung jawab, kebersihan itu tanggung jawabmu. Sekarang harus siap berubah, kalau tidak mau berubah, saya ubah orangnya," pungkas Bupati Gus Yani sembari meninggalkan Pasar Petiken. (hud/zar)

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...