​Vaksin Jadi Rebutan Dunia, 5,5 Miliar Jiwa Butuh 11 Miliar Vaksin

​Vaksin Jadi Rebutan Dunia, 5,5 Miliar Jiwa Butuh 11 Miliar Vaksin Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Foto: inews.id

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Masyarakat diminta bersabar untuk proses asi secara menyeluruh. Hal ini karena stok menjadi rebutan dunia internasional.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat meninjau asi di Gedung Pusat, Rabu (03/03).

"Vaksin ini menjadi rebutan di seluruh dunia. Banyak negara belum bisa mendapatkan nya, termasuk beberapa negara maju baru mulai beberapa di Asia. Jadi Indonesia ini bersyukur kita bisa dapat, karena masih menjadi rebutan di seluruh dunia," ujarnya.

Dia menyebutkan persaingan untuk mendapatkan Covid-19 termasuk berat karena semua negara di dunia membutuhkannya. Beberapa negara maju di Asia bahkan baru mulai melaksanakan asi perdana beberapa hari ini. Indonesia termasuk cepat dalam melaksanakan asi dan mendapat keberuntungan karena mendapatkan jatah banyak.

“Dari total 7,8 miliar populasi manusia di bumi, sebanyak 70 persennya atau sekitar 5,5 miliar jiwa butuh 11 miliar agar mendapatkan herd immunity, maka proses asi bertahap dan butuh waktu,” kata dia.

Namun dia memberi harapan bahwa pada bulan Juli nanti sebagian masyarakat akan sudah bisa di. "Memang bertahap ini asinya, jadi bapak dan ibu mohon bersabar, sampai Juni mungkin 20 persen penduduk yang bisa di, kita berusaha mendapatkan sebanyak-banyaknya, sisanya pada Juli insyaallah bisa sebagian rakyat di," ujarnya.

Lihat juga video 'Tidak Mau di Vaksin, Wanita ini Malah Minta Ditembak Polisi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO