Jumat, 23 April 2021 09:54

Khofifah Minta Gus Ipul Belajar dari Singapura, ​Soal Apa?

Selasa, 02 Maret 2021 13:16 WIB
Editor: mma
Khofifah Minta Gus Ipul Belajar dari Singapura, ​Soal Apa?
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf dalam acara Sertijab Wali Kota Pasuruan dari Plh. Wali Kota Pasuruan Anom Suraho, S.H., M.Si., kepada Wali Kota Pasuruan terpilih H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S.S.T.P., M.Si., di Gedung DPRD Kota Pasuruan, Senin (1/3) malam. foto: ist

PASURUAN KOTA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa Provinsi Jatim telah mendapat amanah Presiden Jokowi untuk melaksanakan Perpres No. 80 Tahun 2019. Pada Perpres tersebut, Bromo, Tengger, dan Semeru (BTS) menjadi salah satu prioritas pembangunan di Jatim.

BTS ini berada dalam empat kabupaten, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Berdasarkan letak geografis, Kota Pasuruan memiliki letak yang strategis dilewati daerah-daerah penyangga Kawasan BTS tersebut.

Maka, mantan Mensos itu mengharapkan Kota Pasuruan sebagai hub-nya Kawasan BTS. Artinya Kota Pasuruan sebagai kota perlintasan yang bisa ikut mengembangkan BTS.

BACA JUGA : 

Kunjungi PA Pasuruan, Gus Ipul Imbau Warga Perbarui KK dan KTP Saat Ada Perubahan Status

Jalan Berdua Dilaunching, Pengantin Baru di Kota Pasuruan Bisa Urus KTP dan KK Elektronik dari Rumah

Ekonomi Jatim Bangkit! Ini Data Detailnya!

Hari Kartini, Gubernur Khofifah: Dulu Dipingit, Kanca Wingking, Kini Penggerak UMKM

“Meskipun investasi akan banyak di Kabupaten Pasuruan terkait Perpres No. 80 Tahun 2019, tapi Kota Pasuruan bisa jadi hub-nya BTS,” jelas Khofifah saat menghadiri Sertijab Wali Kota Pasuruan dari Plh Wali Kota Pasuruan Anom Suraho, S.H., M.Si. kepada Wali Kota Pasuruan terpilih H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S.S.T.P., M.Si., di Gedung DPRD Kota Pasuruan, Senin (1/3) malam.

Menurut Khofifah, guna mewujudkan hal tersebut, Kota Pasuruan bisa belajar dari Singapura. Dengan area wilayah yang kecil, tetapi memiliki power, efektivitas kinerja pemerintah, dan seluruh private sector saling bersinergi.

Melihat pemaparan yang disampaikan Wali Kota Pasuruan terkait penjabaran program dan pemetaan wilayahnya dengan baik, Khofifah mengaku optimistis bahwa Kota Pasuruan bisa sebagai hub-nya BTS.

“Dari peta-peta yang detail disampaikan Wali Kota Pasuruan, maka BTS hub-nya bisa di Kota Pasuruan,” jelas gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Khofifah menambahkan, untuk memperkuat sebagai hub-nya, Kota Pasuruan bisa menyiapkan wisata budaya. Itu akan menjadi kekuatan hubnya BTS.

Bagaimana respons Gus Ipul? Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, mantan Wakil Gubernur Jatim itu menyatakan optimisme guna menjawab semua tantangan yang ada di Kota Pasuruan dengan slogan “Pasuruan Kota Madinah”. Artinya bahwa Pasuruan Kota Maju Ekonominya, Indah Kotanya, Harmonis Warganya.

Untuk mewujudkannya, Gus Ipul akan memulai dengan menjalankan 9 prioritas program kerja dalam 99 hari kerja kepemimpinannya. Sebagai contoh, percepatan penanganan Covid-19, peningkatan Kelas RS Purut dan Faskes lainnya, rintisan SMART City dan penyiapan Wifi Gratis Sarana Pembelajaran Daring, mengintegrasikan area Alun-alun, masjid, kawasan perdagangan dan jasa. (tim) 

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...