Jumat, 23 April 2021 09:44

Travelator Masjid Agung Sidoarjo, Khofifah: Ini Keren Sekali, Bisa Jadi Referensi Kabupaten Lain

Senin, 01 Maret 2021 19:25 WIB
Editor: MMA
Travelator Masjid Agung Sidoarjo, Khofifah: Ini Keren Sekali, Bisa Jadi Referensi Kabupaten Lain
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan sambutan saat meresmikan travelator Masjid Agung Sidoarjo, Senin (1/3/2021). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Seusai menghadiri Serah Terima Jabatan (Sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan travelator Masjid Agung Sidoarjo, Senin (1/3/2021).

Peresmian travelator ini, ditandai dengan pemotongan pita oleh Gubernur Khofifah yang didampingi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Wakil Bupati Sidoarjo Subandi, dan Ketua Takmir Masjid Agung Sidoarjo Nadhim Amir.

Turut menyaksikan peresmian tersebut, Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Ketua MUI Kabupaten Sidoarjo KH. Salim Imron, dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim:

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim yang akrab disapa Khofifah itu mengatakan, travelator yang diresmikan saat ini merupakan yang pertama untuk fasilitas dalam masjid di Jatim.

BACA JUGA : 

Ekonomi Jatim Bangkit! Ini Data Detailnya!

Hari Kartini, Gubernur Khofifah: Dulu Dipingit, Kanca Wingking, Kini Penggerak UMKM

Diminta Khofifah Desain Masjid Islamic Centre Jatim, Kang Emil Sanggup Desainkan Paling Keren

​Terima Perhargaan dari IPDN, Ini Strategi Khofifah Percepat Pemulihan Ekonomi di Tengah Covid-19

“Ini keren sekali, jadi ini merupakan travelator di dalam masjid yang pertama di Jatim. Sehingga bisa jadi referensi bagi kabupaten/kota lainnya untuk menyediakan fasilitas serupa,” pujinya.

Menurut Khofifah, dengan diresmikannya travelator itu, maka akan semakin memudahkan jamaah untuk naik ke lantai dua, terutama bagi para lanjut usia (lansia). Dengan demikian para jamaah akan bisa merasa semakin aman, nyaman, dan beribadah lebih khusyuk.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga menjelaskan, langkah yang dilakukan Pemkab Sidoarjo merupakan keberseiringan dengan program Pemprov Jatim yaitu Jatim Berkah. Jatim Berkah sendiri, merupakan satu dari sembilan program Nawa Bhakti Satya yang dicanangkannya bersama Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Dengan adanya program Jatim Berkah, Khofifah menyampaikan, bahwa Pemprov Jatim terbuka untuk berpartisipasi ikut mengembangkan Masjid Agung Sidoarjo ini.

“Kita ingin memuliakan masyarakat Jatim melalui Nawa Bhakti Satya ini, terlebih ada program Jatim Berkah di dalamnya. Karenanya, kalau ada program pengembangan pada masjid ini, bisa disampaikan kepada Pemprov Jatim. Sehingga kami bisa berpartisipasi di dalamnya mewujudkan Jatim Berkah,” jelas Khofifah.

Sementara Ketua Takmir Masjid Agung Sidoarjo Nadhim Amir menjelaskan, masjid ini telah menerima bantuan pengembangan dari Pemkab Sidoarjo. Salah satunya yaitu travelator yang diresmikan saat ini.

“Harapannya fasilitas ini membuat lebih betah untuk beribadah dan berkegiatan di masjid ini,” katanya.

Kedua, lanjutnya, di dalam masjid terdapat renovasi plafon dan atap masjid. Dari yang sebelumnya berbentuk kerucut, saat ini dibuat mendatar agar suara tidak menggema. Selanjutnya, juga terdapat pembangunan kamar mandi bagi putra dan putri di sayap kiri-kanan masjid. (tim)

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...