Puncaki Harlah NU ke-98, PCNU Sidoarjo Ziarahi Makam Masyayikh

Puncaki Harlah NU ke-98, PCNU Sidoarjo Ziarahi Makam Masyayikh BERDOA: PCNU Sidoarjo saat berziarah di Makam KH Abdy Manaf, di Desa Kloposepuluh Sukodono, Minggu (28/2). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC) Kabupaten Sidoarjo menggelar ziarah ke makam sejumlah masyayikh Sidoarjo, Minggu (28/2). Ziarah ini puncak acara peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-98 yang digelar PC Sidoarjo.

Selain pengurus harian PC Sidoarjo, ziarah ke makam masyayikh Sidoarjo ini diikuti perwakilan badan otonom (banom), lembaga, dan badan di bawah PC Sidoarjo.

yang diziarahi merupakan para ulama, tokoh, dan penjuang yang juga mantan Ketua Tanfidziyah dan Rais Syuriah PC Sidoarjo, yakni KH Abdy Manaf, KH Husein Idris, KH Anas Al Ayyubi, dan KH Anwari Ismail.

Diketahui, KH Abdy Manaf menjabat Ketua PC Sidoarjo selama tiga periode, tahun 1992 hingga 2006. Kiai Abdy Manaf dimakamkam di Dusun Pasegan, Desa Kloposepuluh, Kecamatan Sukodono.

Sedangkan KH Husein Idris merupakan Ketua Tanfidzdiyah PC Sidoarjo yang pertama. Kiai Husen menjabat pada tahun 1927-1928 dan makamnya berada di Dusun Mergayu, Desa Bebekan, Kecamatan Taman.

Untuk sosok KH Anas Al Ayyubi merupakan Rais Syuriah PC Sidoarjo periode tahun 1996 hingga 2001. Makamnya ada di bekas Desa Jatirejo, Kecamatan Porong di dekat kolam penampungan lumpur Lapindo.

Sementara, KH Anwari Ismail menjabat Rais Syuriah PC Sidoarjo pada tahun 1977 hingga 1982. Kiai Anwari Ismail dimakamkan di Kelurahan Celep, Kecamatan Sidoarjo.

Menurut Ketua PC Sidoarjo KH Maskhun, ziarah ke makam sejumlah masyayikh di Bumi Delta Sidoarjo ini, selain untuk meneladani perjuangan para masyayikh tersebut, juga dalam rangka memperingati Harlah ke-98.

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO