​Sosmed Rentan Cyberbully, Ning Lia Dukung Pembentukan Komite Etika Berinternet

​Sosmed Rentan Cyberbully, Ning Lia Dukung Pembentukan Komite Etika Berinternet Dr. Lia Istifhama, aktivis perempuan. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sosial media atau sosmed dinilai rentan tercoreng cyberbully. Hal ini disampaikan aktivis perempuan, Lia Istifhama. Karena itu, perempuan yang akrab disapa ini mengajak masyarakat berlaku positif dalam ber.

“Saatnya sesama perempuan menjadikan adalah sarana saling men-support, bukan sebaliknya," terang salah satu Tokoh Muda Inspiratif Jatim Versi Forkom Jurnalis Nahdliyin Jatim itu, Minggu (28/2/2021).

Pendapat Lia itu merespons hasil survei DCI yang menjelaskan tingkat kesopanan digital pengguna dunia saat berkomunikasi di dunia maya. Dalam riset ini, warganet Indonesia menempati urutan terbawah se-Asia Tenggara, alias paling tidak sopan di wilayah tersebut.

Rilis ini sebenarnya telah diantisipasi oleh banyak pihak melalui kampanye lawan cyber crime dan cyber bully di era digital. Namun hal tersebut ternyata belum cukup efektif, hingga kominfo memutuskan membentuk Komite Etika Ber. Lia pun mendukung pembentukan komite tersebut.

“Banyak cara yang bisa ditempuh untuk menyelesaikan sebuah problem besar. Di antaranya adalah mendengar aspirasi masyarakat, mengamati isu-isu terkini secara holistik, membuat sistem filterisasi dalam sosmed, dan menguatkan etika bijak bersosmed," tutur .

Lia mengungkapkan, sebenarnya dalam akun-akun sosmed sudah terdapat ruang laporan, di mana di dalamnya adalah pelaporan atas konten yang berindikasi pornografi, hate speech, kekerasan, dan sebagainya. Namun seringkali laporan itu tidak direspons.

"Filter konten yang tidak sehat secara moral seharusnya dapat dilakukan oleh sinergi banyak pihak. Karena jika masyarakat saja yang rajin membuat laporan tapi kurang didukung pihak-pihak lainnya yang berwenang, apa bisa efektif," tanyanya.

Lihat juga video 'Usai Diperiksa Bareskrim, Edy Mulyadi: Saya Minta Maaf Sedalam-dalamnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO