Trenggalek Siap Panen Porang 30 Ribu Ton Tahun Ini

Trenggalek Siap Panen Porang 30 Ribu Ton Tahun Ini PPPT Kabupaten Trenggalek saat menggelar pertemuan di Kecamatan Pule. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Petani Kabupaten Trenggalek diprediksi akan mampu menghasilkan 30 ribu ton pada masa panen bulan Juni - Juli tahun ini. Prediksi ini disampaikan Ketua PPPT (Perkumpulan Trenggalek) Kabupaten Trenggalek Ir. Agung Sudjatmiko.

"Tahun ini Trenggalek bisa panen 30 ribu ton berupa umbi, belum termasuk katak," kata Agung di sela-sela menemui anggota PPPT di Desa Sidomulyo, Minggu (28/2).

Agung menjelaskan, hitungan angka 30 ribu ton tersebut didasarkan pada luas lahan tanaman se-Kabupaten Trenggalek. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek, ungkapnya, bahwa luas lahan tanaman se-Kabupaten Trenggalek mencapai 3.000 hektare.

"Dari tiga ribu hektare itu, seribu hektare bisa dipanen sekitar bulan Juni - Juli. Yang mana setiap hektare produksinya sekitar 30 ton," urainya.

Lebih lanjut, pensiunan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek ini merinci bahwa luas lahan tanaman terbesar berada di Kecamatan Pule, mencapai  2.172 hektare. Desa Sidomulyo yang memiliki luasan tanaman terbesar di Kecamatan Pule, yakni mencapai 475 hektare.

Melihat potensi yang begitu menjanjikan itu, Agung beserta anggota PPPT lainnya mengajak anak-anak muda milenial untuk tidak malu menjadi petani di desanya masing-masing.

Adapun salah satu anak muda yang mulai bertani adalah Priyo Hadi. Dalam kesempatan itu, ia menceritakan tertarik menanam setelah mendapat edukasi dari ketua dan anggota PPPT tentang budidaya . Ditambah lagi dengan masukan dan cerita pengalaman dari para petani yang telah sukses. Sehingga dirinya tergerak untuk secepatnya menerapkan di lapangan.

"Ke depan semoga di wilayah kami, Kecamatan Panggul, bisa mengedukasi teman-teman petani muda yang lain untuk bersama-sama semangat menanam Porang. Karena ternyata budidaya Porang itu hasilnya sangat menjanjikan," ucapnya

Ditambahkan oleh Priyo, ia sangat terbantu dengan adanya PPPT karena bisa memperoleh banyak ilmu dari para mentor dari berbagai wilayah. Masukan dan arahan dari para mentor tersebut merupakan bentuk dorongan semangat bagi dirinya serta para petani muda milenial lainnya. (man/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO