Rabu, 21 April 2021 06:08

​Maksimalkan PPKM Mikro, Bhabinkamtibmas di Banyuwangi Dilatih Tracing Covid-19

Kamis, 25 Februari 2021 16:25 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Teguh Prayitno
​Maksimalkan PPKM Mikro, Bhabinkamtibmas di Banyuwangi Dilatih Tracing Covid-19
Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin saat memberikan sambutan.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Seluruh personel Bhabinkamtibmas Polresta Banyuwangi mendapatkan pembekalan dan pelatihan tracing Covid-19 di Gedung Rupatama Wira Pratama, Rabu (24/2/2021) kemarin.

Hal tersebut merupakan upaya kepolisian di Banyuwangi untuk memaksimalkan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro yang telah diterapkan hingga tingkat RT bersama TNI dan pemerintah setempat.

Pelatihan tracing tersebut dibuka langsung oleh Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, dan menghadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr. Adriyani.

Kombes Pol Arman mengatakan, pembekalan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, peningkatan kemampuan dan efektifitas peran Bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19.

BACA JUGA : 

Teka-Teki Uang Rp500 Juta dan 3 Tahanan Narkoba Polresta Banyuwangi yang Keluar Sel Dikawal Perwira

Peduli Warga, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Sembayat Gresik Belikan Kasur Lansia Sebatang Kara

Sukses Bekuk Oknum Saat Pesta Narkoba, Tim Tipidsus Polresta Banyuwangi Dapat Penghargaan

Investasi Bodong di Banyuwangi, Polisi Periksa Terlapor Wanita Cantik

"Pelatihan ini berhubungan dengan upaya tracing Covid-19," jelas Kombes Pol Arman kepada wartawan.

Adapun materi yang disampaikan ialah tentang pengetahuan dasar tentang Covid-19, terutama dalam pencegahan, penelusuran kontak, pemantauan karantina, isolasi mandiri dan pemberdayaan masyarakat dalam pemantauan karantina atau isolasi mandiri.

Kombes Pol Arman berharap agar anggota Bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19 dapat memahami tugasnya sebaik mungkin. Sehingga pelatihan ini bisa dijadikan bekal untuk dapat diterapkan dalam bertugas.

”Kami berharap bisa dieplementasikan di kehidupan sehari-hari dan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat,” harapnya.

Arman juga menjelaskan langkah ini diharapkan dapat maksimal guna mempercepat upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu, ia juga berharap para anggota Bhabinkamtibmas bisa lebih terlatih dan meningkatkan kemampuan dalam menangani warga terkonfirmasi Covid-19.

“Kami ingin Bhabinkamtimas Pro aktif mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 halal dan aman. Terus edukasi warga terkait disiplin protokol kesehatan 5M dalam keseharian,” ujarnya.

Arman menambahkan, setelah mendapatkan pelatihan tersebut para Bhabinkamtibmas juga diharapkan bisa mengidentifikasi masyarakat yang teridentifikasi awal Covid-19, sehingga bisa langsung ditindaklanjuti.

“Sebagai pelaksana PPKM skala mikro, tugas dan peran sangat penting sehingga, peningkatan kemampuan juga dibutuhkan,”pungkasnya. (guh/ian)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi mistri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfungs...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...