Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas sebagai Tracer Covid-19, ​Polresta Sidoarjo Gelar Pelatihan

Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas sebagai Tracer Covid-19, ​Polresta Sidoarjo Gelar Pelatihan Satbinmas Polresta Sidoarjo menggelar pelatihan yang berhubungan dengan upaya tracing Covid-19 kepada 349 bhabinkamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Rabu (24/2/2021). (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Adapun untuk menambah pengetahuan, peningkatan kemampuan, dan efektivitas peran bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19, Satbinmas Polresta Sidoarjo menggelar pelatihan yang berhubungan dengan upaya tracing Covid-19 kepada 349 bhabinkamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Rabu (24/2/2021). Peserta dalam kegiatan ini dibagi dalam tiga hari dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji dan menghadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr. Yanto Lipu. Adapun materi yang disampaikan ialah tentang pengetahuan dasar tentang Covid-19 dan PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi), penelusuran kontak, pemantauan karantina, isolasi mandiri, dan pemberdayaan masyarakat dalam pemantauan karantina atau isolasi mandiri.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji meminta agar anggota bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19 dapat memahami tugasnya sebaik mungkin. Diharapkan materi-materi yang disampaikan dapat diimplementasikan dalam bertugas saat terjun di tengah masyarakat. Langkah ini diharapkan dapat maksimal guna mempercepat upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Para anggota bhabinkamtibmas agar lebih terlatih dan meningkatkan kemampuan dalam menangani warga terkonfirmasi Covid-19. Proaktif menyosialisasikan vaksinasi Covid-19 halal dan aman, terus edukasi warga terkait disiplin protokol kesehatan 5M dalam keseharian,” pesan Kombes Pol. Sumardji.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr. Yanto Lipu menyampaikan, agar para bhabinkamtibmas dapat mengetahui mekanisme tracing dalam penanganan Covid-19.

"Seperti bagaimana mengidentifikasi aktivitas warga terinfeksi Covid-19. Menjalin sinergisitas bersama instansi-instansi terkait, termasuk dalam menyajikan informasi akurat. Kemudian, aktif mengedukasi warga atas segala perkembangan hingga langkah-langkah yang harus dilakukan, juga terkait tahapan isolasi diri," pungkasnya. (cat/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO