​Kerukunan Silaturahmi Orang-Orang Papua Jatim Dukung Pelaksanaan Otsus Jilid II

​Kerukunan Silaturahmi Orang-Orang Papua Jatim Dukung Pelaksanaan Otsus Jilid II Kerukunan Silaturahmi Orang-Orang Papua Jatim Dukung Pelaksanaan Otsus Jilid II. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masyarakat yang tergabung dalam Kerukunan Silaturahmi Orang-Orang Jatim mendukung Otonomi Khusus (). Hal tersebut disampaikan melalui pernyataan sikap, di salah satu rumah makan di kawasan Gayungan, Surabaya, Selasa (23/2/2021) kemarin.

Sebelumnya, Jilid I sudah dilakukan, dan masyarakat telah merasakan perkembangannya serta perhatiannya dari pemerintah. Namun, masyarakat mencium aroma nepotisme dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, mereka berharap dalam pelaksanaan Jilid II nanti, tidak lagi ada aroma negatif, dan masyarakat bisa merasakan perkembangan daerahnya dengan maksimal.

Dukungan itu disampaikan melalui pernyataan sikap yang dilakukan oleh masyarakat yang tergabung dalam Kerukunan Silaturahmi Orang-Orang Jatim. Pernyataan tersebut ada lima poin, di antaranya yakni pertama mendukung pelaksanaan Jilid II dalam rangka percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di dan Barat

Kedua, Jilid II merupakan program pemerintah yang harus didukung demi meningkatkan pendidikan, kesehatan, perekonomian, dan perkembangan infrastruktur, agar menjadi provinsi yang maju dan setara dengan daerah lain di Indonesia.

Ketiga, pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota se- agar profesional dan transparan dalam pengelolaan penggunaan dana Jilid II serta tidak KKN dalam penentuan sasaran penerima Jilid II, khususnya pendidikan untuk anak-anak dan Barat serta anak-anak di perantauan.

Keempat, mendorong pemerintah untuk segera mengaudit program Jilid I, agar masyarakat dapat mengetahui penggunaan dananya apakah tepat sasaran atau tidak, karena program Jilid I hanya dirasakan oleh orang-orang tertentu saja.

Kelima, mendesak pemerintah pusat agar membentuk lembaga independen untuk pendampingan dan pengawasan program Jilid II agar penyalurannya benar-benar tepat sasaran.

Lihat juga video 'Kembali Berduka! Ratusan Rumah di Papua Terbakar!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO