Tebing di Timur Gunung Gede Laharpang Longsor, Picu Banjir Bandang Besowo

Tebing di Timur Gunung Gede Laharpang Longsor, Picu Banjir Bandang Besowo Salah satu relawan ARPLH Kediri saat menunjukkan beberapa bagian tebing yang longsor, Minggu (21/2) kemarin. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tebing di lereng Gunung Kelud, tepatnya yang berada di timur Gunung Gede di Dusun Laharpang, Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, di beberapa bagian terlihat longsor.

Diduga, longsornya tebing itulah yang memicu terjadinya banjir bandang yang membawa meterial dan kayu-kayu hutan di Desa Besowo, Kecamatan Kepung.

Tebing yang longsor tersebut memang bukan terletak di wilayah Dusun Laharpang, melainkan sudah masuk wilayah Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Tapi masih sama-sama di bawah naungan Perhutani KPH Kediri.

Hal itu dibenarkan Kepala Desa Puncu, Hengky Dwi Setyawan. Ia menjelaskan di bawah tebing yang longsor tersebut terdapat aliran Sungai Konto yang beberapa waktu lalu terjadi banjir bandang dan membawa material dan kayu. Ia menduga, kayu-kayu itu berasal dari tebing yang longsor.

"Barang kali kayu-kayu itulah yang terbawa banjir ketika hujan deras dan menyumbat Kembatan Kalitengah, Desa Besowo beberapa waktu lalu," kata Hengky usai ikut penanaman pohon di Gunung Gede, Minggu (21/2) kemarin.

Simak berita selengkapnya ...