Senin, 19 April 2021 16:42

​SNMPTN TA 2021 Tinggal Tiga Hari Lagi, Gubernur Khofifah Berharap Jatim Raih Siswa Lolos Terbanyak

Senin, 22 Februari 2021 13:18 WIB
Editor: mma
​SNMPTN TA 2021 Tinggal Tiga Hari Lagi, Gubernur Khofifah Berharap Jatim Raih Siswa Lolos Terbanyak
Foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mulai Senin (15/2) sampai Rabu (24/2), siswa-siswi terbaik kelas XII SMA/SMK/MA se-Jawa Timur akan mulai mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pendaftaran yang akan berlangsung sampai dengan tanggal 24 Pebruari 2021 ini dilakukan secara online melalui akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Tahun ini ada 85 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang telah bergabung untuk menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2021 melalui jalur SNMPTN ini, baik universitas, universitas Islam, institut dan sekolah tinggi negeri.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap pada tahun ajaran ini Jawa Timur kembali meraih sebagai provinsi dengan siswa paling banyak lolos perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN.

“Kita berharap prestasi yang diraih pada tahun 2019 dan 2020 di mana Jawa Timur menjadi provinsi dengan siswa paling banyak lolos perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN dapat kita raih kembali pada tahun 2021 ini. Oleh karena itu saya mengimbau agar siswa-siswi kelas XII pada jenjang pendidikan SMA, SMK, maupun MA untuk segera mendaftarkan diri. Kepada para kepala sekolah agar dapatnya memfasilitasi dan mengawal proses pendaftaran siswa-siswinya untuk masuk Perguruan Tinggi melalui jalur SNPTM ini,” imbau Gubernur Khofifah.

BACA JUGA : 

Gubernur Khofifah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Korban Gempa di Jogomulyan

​Bersama Forkopimda, Gubernur Khofifah Berangkatkan Bantuan ke NTT

Millennials Puas dengan Kinerja Gubernur dan Wagub Jatim

​Gubernur Khofifah Naik Motor 4 Km, Tinjau Korban Gempa di Lumajang

(Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. foto: ist)

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga mengimbau agar para siswa memilih Perguruan Tinggi yang tepat dan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Dia juga minta para orang tua siswa memberikan motivasi serta pendampingan dalam proses pendaftaran anak-anaknya untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi menjelaskan bahwa SMA dan SMK Negeri dan Swasta di Jawa Timur sudah mempersiapkan sejak awal proses pendaftaran SNMPTN 2021 ini, dengan melakukan sosialisasi kepada siswa dan orang tua, mengenai prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi termasuk pilihan perguruan tinggi dan jurusan yang ada.

“SMA/SMK di Jawa Timur mulai tanggal 4 Januari 2021 lalu telah memfasilitasi siswa-siswinya yang kelas XII untuk melakukan registrasi pada akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) serta telah menetapkan siswa-siswinya yang eligible, dan dilanjutkan dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Diperkirakan jumlah lulusan SMA/SMK/MA/SLB Negeri dan Swasta tahun 2021 sekitar 529.494 siswa, terdiri dari SMA 175.590 siswa, SMK 244.470 siswa, SLB 1.097 siswa, dan Madrasah Aliyah 108.337 siswa,” jelas Wahid Wahyudi.

(Dr. Ir. H. Wahid Wahyudi, M.T. foto: ist)

Dia menambahkan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur juga telah bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti Universitas Airlangga dan ITS Surabaya untuk memberikan sosialisasi kepada para kepala sekolah, guru dan siswa tentang proses seleksi masuk PTN tahun ini, sehingga diharapkan siswa-siswi di Jawa Timur memahami dengan baik proses, prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi.

“Dengan berbagai persiapan dan sosialisasi yang sudah kami lakukan, kami optimis pada tahun 2021 ini Jawa Timur akan kembali meraih predikat sebagai Provinsi dengan siswa paling banyak lolos PTN melalui jalur SNMPTN,” tambahnya.

Sebagaimana diumumkan oleh LTMPT bahwa proses pendaftaran SNMPTN akan berlangsung sampai dengan 24 Pebruari 2021 dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 22 Maret 2021.

Teh Panas Rp 5.000, Teh Dingin Rp 10.000, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (7)
Minggu, 18 April 2021 22:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com –Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan kali ini M Mas’ud Adnan – sang narator - mereview tentang orang Madura yang tiba-tiba haus. Ia pun pergi ke warung di pinggir jalan. Ia membeli teh. Di warung itu semua barang yang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...