Ini Gebrakan Bupati Fadeli di Bidang Kesehatan Selama Dua Periode

Ini Gebrakan Bupati Fadeli di Bidang Kesehatan Selama Dua Periode Bupati Fadeli saat menyerahkan Mobil Sehat.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bidang kesehatan menjadi salah satu prioritas Fadeli selama dua periode menjabat sebagai Bupati Lamongan. Berbagai program unggulan di bidang kesehatan diluncurkan untuk meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat Lamongan.

Di antaranya yakni Program Lesung Si Panji (Lenyapkan Pasung Memanusiakan Pasien Jiwa) yang dicanangkan pada Juli 2016. Program tersebut di bulan Desember tahun yang sama telah mampu membebaskan 190 pasien jiwa dari pemasungan. Tak hanya dibebaskan dari pemasungan, mereka juga diberikan pelatihan sehingga bisa berkarya mandiri.

Lamongan juga menjadi satu di antara sedikit kabupaten/kota di antara yang berstatus Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BBABS) atau Open Defecation Free (ODF) melalui program jambanisasi. Status ODF ini adalah satu dari lima pilar dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sehingga pada Februari 2019, Lamongan menjadi kabupaten pertama yang mencanangkan penuntasan STBM lima pilar.

Bahkan pemerintah pusat baru akan mencanangkannya di 2020. Oleh karena itu, pada November 2020 lalu, Bupati Fadeli menerima prestasi di bidang kesehatan yang ditunjukkan dengan diterimanya Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM Award) kategori Enabling, Demand, Supply dari Menteri Kesehatan.

Peningkatan pelayanan kesehatan juga tak luput dari Fadeli. Pada tahun 2014 bertepatan dengan Hari Jadi Lamongan ke-445, Fadeli me-launching program Mobil Sehat. Mobil Sehat merupakan salah satu program unggulan bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Mobil sehat sebagai salah satu tugas pelayanan tindakan medis kepada masyarakat yang dapat digunakan sewaktu-waktu dengan gratis. Sampai dengan saat ini, telah tersalurkan sebanyak 363 Mobil Sehat ke seluruh desa di Kabupaten Lamongan. 

Selain itu, juga ada program Peduli Gizi Balita Lamongan (Pelita LA), Kelas Ibu Hamil dan Balita dari Dinas Kesehatan, Gemar Ikan dari Dinas Perikanan, serta Gerakan Masyarakat Sehat yang dilakukan oleh lintas perangkat daerah. Melalui komitmen ini, khusus stunting di Kabupaten Lamongan hingga Agustus 2020 turun menjadi 7,10 persen.

Menjelang akhir masa jabatannya, Fadeli baru saja meresmikan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) pada 13 Februari 2021. Labkesda ini tidak hanya berfungsi sebagai laboratorium mikrobiologi (pemeriksaan air dan kualitas air) namun juga laboratorium kimia dan laboratorium klinik. Ke depannya, Labkesda juga akan dimanfaatkan sebagai tempat rujukan semua laboratorium yang ada di Lamongan. (qom/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO