​Penerbangan di Bandara Banyuwangi Kembali Dibuka

​Penerbangan di Bandara Banyuwangi Kembali Dibuka Penerbangan di Bandara Banyuwangi akhirnya kembali dibuka.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Setelah beberapa hari ditutup karena terdampak debu Gunung Raung, penerbangan di Bandara Banyuwangi akhirnya kembali dibuka. Pembukaan ini menyusul adanya Notam pembukaan bandara yang dikeluarkan oleh otoritas bandara setempat.

Pembukaan Bandara Banyuwangi menyusul keluarnya Notam pembukaan penerbangan di Bandara Banyuwangi dengan Nomor B0227/21NOTAMC B0224/21 yang merekomendasikan bandara bisa dibuka kembali sejak pukul 06.00 WIB, Minggu (14/2/2021).

Eksekutif General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II KC Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro membenarkan pembukaan Bandara Banyuwangi pada hari ini.

Empat penerbangan itu, kata Cin, berasal dari maskapai Citilink dari penerbangan Cengkareng - Banyuwangi dan Banyuwangi - Denpasar pergi pulang. Sementara dari Garuda Indonesia dan Batik Air belum mengoperasikan pesawatnya, setelah seminggu penerbangan Banyuwangi lumpuh karena abu vulkanik erupsi Gunung Raung.

"Masih Citilink. Sementara nanti siang ini pesawat yang grounded kemarin akan terbang menuju Jakarta," tambahnya.

Pembukaan Bandara Banyuwangi, kata Cin, dilakukan setelah pihaknya bersama dengan AirNav dan BMKG melakukan observasi masih tidaknya abu vulkanik di Bandara Banyuwangi. Setelah dinyatakan aman, pihaknya melakukan koordinasi dengan Otoritas Bandara 3 Surabaya.

"Sehingga Notam Keluar saat ini. Jadi memang penerbangan masih warming up. Semoga saja ini terus berlanjut dan erupsi Gunung Raung tidak lagi berimbas ke penerbangan di Bandara Banyuwangi," pungkasnya.

Penutupan Bandara Banyuwangi dilakukan sejak seminggu yang lalu, tpatnya pada Minggu (7/2). Aktivitas penerbangan lumpuh total selama 7 hari, karena abu vulkanik turun di area Bandara Banyuwangi. Abu vulkanik sangat berbahaya bagi penerbangan, sehingga otoritas bandara dan stakeholder di Bandara Banyuwangi memutuskan penutupan sementara penerbangan. (guh/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO