Modus Baru, ​Pil Koplo Diracik Bumbu Pecel Diamankan Petugas Rutan Medaeng

Modus Baru, ​Pil Koplo Diracik Bumbu Pecel Diamankan Petugas Rutan Medaeng Tiga warga binaan Rutan Medaeng dan pil koplo yang diracik dengan bumbu pecel setelah diamankan petugas Rutan Medaeng. foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Rutan Kelas I Surabaya (Medaeng) berhasil membongkar sindikat penyelundupan psikotropika ke dalam rutan. Obat yang membuat halu itu dilebur dengan bumbu sehingga tak kasat mata.

Terbongkarnya modus baru dalam penyelundupan narkotika ke dalam lapas/rutan ini berawal dari informasi dari seorang warga binaan. Sindikat yang melibatkan tiga orang tahanan itu berhasil dibongkar Selasa (10/2) sore, sebelum barang haram itu diedarkan.

Plt. Kepala Kesatuan Pengamanan , Prayogo Mubarak beserta tim melakukan pengecekan blok hunian. Saat itu ada informasi intelijen bahwa di dalam blok C ada tiga warga binaan yang melakukan kegiatan mencurigakan.

"Saat dicek, ternyata ketiga warga binaan yaitu MAKR (24), AC (25), MT (26) sedang membuat bola-bola dari bumbu . Karena curiga, petugas lalu menyita bola-bola bumbu itu," ujar Prayogo, Kamis, (11/2/2021).

Secara kasat mata, barang yang dititipkan melalui layanan penitipan barang drive thru memang terlihat seperti bumbu pada umumnya. Namun setelah dilakukan pemeriksaan mendalam kepada ketiga tahanan itu, baru diketahui jika paket bumbu itu sudah bercampur pil .

"Ini adalah upaya pertama yang dilakukannya. Ketiganya mengaku baru coba-coba dan membeli paket bumbu bercampur pil seharga Rp 700 ribu dari seorang pengedar di luar rutan,” terang Kepala , Wahyu Hendrajati Setyo Nugroho.

Pihak langsung berkoordinasi dengan Polsek Waru untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ketiganya juga sudah ditempatkan di sel khusus sebagai bentuk hukuman tambahan. (cat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO