​Tinjau PPKM Mikro di Gresik, Gubernur Khofifah: Lini Paling Bawah Lebih Efektif

​Tinjau PPKM Mikro di Gresik, Gubernur Khofifah: Lini Paling Bawah Lebih Efektif Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau pelaksanaan PPKM Mikro di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Rabu (10/2). Foto: ist/ bangsaonline.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Untuk melihat efektivitas pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat () berskala Mikro di Jatim yang dimulai 9 Februari 2021, Gubernur Jatim Indar Parawansa meninjau pelaksanaan Mikro di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten , Rabu (10/2).

Gubernur melihat dari dekat keterlibatan masyarakat dalam melaksanakan berskala Mikro yang ditempatkan di Balai Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten .

Gubernur mengatakan, kegiatan yang paling efektif untuk memutus penyebaran saat ini berada di lini paling bawah yaitu dengan melibatkan peran masyarakat di tingkat RT/RW.

"Menurut WHO, melibatkan partisipasi masyarakat di lini paling bawah secara lebih kuat akan lebih efektif," ungkap Gubernur Indar Parawansa.

menegaskan, Mikro yang mengedepankan partisipasi masyarakat harus lebih kuat untuk melandaikan bahkan memutus mata rantai penyebaran di Jawa Timur. Partisipasi masyarakat yang kuat perannya sangat strategis dalam cegah dini dan penanganan covid - 19.

Mikro seperti ini, lanjut Gubernur perempuan pertama di Jatim ini, basisnya dimulai dari lini terbawah atau RT. Kemudian berjenjang jika terjadi permasalahan meningkat menjadi basis RW tetapi poskonya tetap di Desa. Sehingga, posko-posko Mikro berada di Kantor Desa.

"Posko berbasis desa ini memiliki tugas tidak hanya mendata dan melaporkan melainkan terdapat penanganan pencegahan dan pembinaan akan menyatu di masing masing desa," urainya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO