Senin, 19 April 2021 15:37

​Kebutuhan Cukup Tinggi, Jajaran Polres Probolinggo Donor Plasma Konvalesen di PMI

Rabu, 10 Februari 2021 18:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andi Sirajudin
​Kebutuhan Cukup Tinggi, Jajaran Polres Probolinggo Donor Plasma Konvalesen di PMI
Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan saat mengikuti donor plasma konvalesen.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Kebutuhan plasma konvalesen yang cukup tinggi di Kabupaten Probolinggo membuat jajaran perwira Polres Probolinggo terpanggil untuk berbuat sesuatu kepada masyarakat.

Di bawah komando Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan, seluruh jajaran perwira hingga bintara melakukan bakti sosial dengan melakukan screening donor plasma.

Ada sekitar 30 penyintas Covid-19 di jajaran polres setempat yang mengikuti screening kelayakan donor plasma di PMI yang meliputi jajaran perwira dan bintara.

"Jadi, yang hadir di sini tidak serta-merta bisa mendonorkan plasmanya, harus mengikuti screening terlebih dahulu. Setelah lolos nanti juga akan dites melalui laborat. Setelah memenuhi syarat baru bisa diambil plasmanya," ujar Petugas PMI Kabupaten Probolinggo, Sayidil Huddri kepada wartawan, Rabu (10/2).

BACA JUGA : 

Istri Selingkuh dengan Pria Idaman Lain, Suami Lapor Polres Probolinggo Kota

Sama Tumbuhkan Imunitas, Kenapa Konvalesen Diizinkan, Vaksin Nusantara Tidak?

Di Balik Plasma Konvalesen Ada Wanita Istimewa, Siapa Dia?

Sembuh Lewat Konvalesen, Dahlan Iskan Merasa Bersalah Tak Bisa Jadi Pendonor Konvalesen

Untuk mereka yang ingin mendonorkan plasma, harus melalui tahapan screening yang meliputi beberapa tahapan. Di antaranya pendaftaran, pemeriksaan tensi, pengambilan sampel darah, serta pemeriksaan riwayat penyakit. 

Setelah lolos tahapan screening, selanjutnya para penyintas akan diambil plasmanya untuk diberikan kepada pasien yang terinfeksi Covid-19 untuk mencegah perburukan kesehatan.

Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan yang diketahui juga sebagai penyintas Covid-19 pun turut andil dalam melaksanakan kegiatan screening plasma konvalesen.

Kapolres Probolinggo mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya dukungan dari polisi untuk peduli kemanusiaan karena plasma konvalesen yang langka saat ini.

"Memang saat ini masih cukup sulit mencari donor plasma konvalesen. Donor plasma ini tidak semudah seperti donor darah karena harus melalui screening. Saya bersama 29 anggota yang merupakan penyintas Covid-19 secara sukarela dan tergerak hati kami untuk mengikuti screening donor plasma," kata AKBP Ferdy.

Ia berharap nantinya ketika sudah didapatkan plasma konvalesen agar bisa diprioritaskan untuk para anggota Polri yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan masyarakat atau pasien yang membutuhkan plasma konvalesen.

"Setelah mengikuti screening, sampel darahnya akan dikirim ke laboratorium untuk memastikan bahwa yang bersangkutan layak mengikuti proses pengambilan plasma di kantor PMI beberapa hari mendatang," ucap Ferdy. (ndi/ian)

Teh Panas Rp 5.000, Teh Dingin Rp 10.000, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (7)
Minggu, 18 April 2021 22:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com –Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan kali ini M Mas’ud Adnan – sang narator - mereview tentang orang Madura yang tiba-tiba haus. Ia pun pergi ke warung di pinggir jalan. Ia membeli teh. Di warung itu semua barang yang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...