​BPBD Banyuwangi Siapkan Jalur Evakuasi bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Raung

​BPBD Banyuwangi Siapkan Jalur Evakuasi bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Raung Sejumlah petugas sedang memasang rambu-rambu jalur evakuasi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyiapkan jalur evakuasi untuk warga terdampak erupsi . Jalur evakuasi ini siap digunakan jika terjadi penanganan darurat.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Abdul Kadir mengatakan, pihaknya sejauh ini ini telah memasang rambu-rambu jalur evakuasi dari permukiman penduduk serta melakukan pengecekan ulang jalur evakuasi bagi warga.

"Ini bagian dari langkah kontijensi. Kami terus mempersiapkan hal-hal untuk kemungkinan terburuk. Koordinasi lintas elemen juga terus dilakukan," kata Kadir dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/2).

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Eka Muharram menambahkan, pihaknya bersama tim telah mengidentifikasi wilayah-wilayah rawan. Pemetaan ini penting untuk mengevakuasi masyarakat secara cepat ke pengungsian.

"Saat ini, status masih waspada dan dapat berubah setiap saat. Kami telah mengedintifikasi wilayah-wilayah berpenduduk yang jika terjadi penanganan darurat dan harus dilakukan evakuasi," jelasnya.

Kata Eka, BPBD juga telah memasang rambu-rambu jalur evakuasi, di antaranya berada di Kecamatan Kalibaru, Glemore, Sempu, dan Kecamatan Songgon. "Semua kami cek untuk memastikan jalurnya," ungkapnya.

Eka juga mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap tenang dan tidak panik, namun tetap waspada. Masyarakat tetap wajib menjaga jarak aman aktivitas dari .

"BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar menyiapkan pelayanan kesehatan, mengingat dampak abu vulkanik pada kesehatan," pungkasnya. (guh/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO