Kawasan PPKM Mikro Sidoarjo Mulai Berjalan

Kawasan PPKM Mikro Sidoarjo Mulai Berjalan Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono bersama Kapolresta, Dandim 0816, Kadinkes Sidoarjo serta jajaran Forkopimka Sidoarjo saat meninjau kawasan PPKM Mikro di Desa Bluru.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Guna menekan laju penyebaran Covid-19, pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro setelah PPKM jilid II usai. PPKM skala mikro diberlakukan mulai tanggal 9 sampai tanggal 22 Februari 2021 berdasarkan zona.

Di Kabupaten Sidoarjo, PPKM Mikro tingkat desa ada di Kecamatan Waru dan Sidoarjo. Untuk mengawasi ruang gerak warga di zona merah, Pemkab Sidoarjo bersama dengan serta Kodim 0816 Sidoarjo membentuk kawasan PPKM Mikro di Desa Bluru, Sidoarjo.

Di kawasan PPKM Mikro Desa Bluru, terdapat posko keamanan yang berfungsi untuk mengawasi warga keluar masuk. Posko keamanan itu bertugas melakukan pengecekan sesuai protokol kesehatan. Seperti penyemprotan disinfektan, pengukuran suhu tubuh, memastikan pemakaian masker, cuci tangan. Bila ada warga datang dari luar wilayah, harus terlebih dahulu dilakukan rapid test, dan sebagainya.

Dalam kawasan PPKM Mikro zona merah seperti di Desa Bluru ini, juga harus tersedia lumbung pangan, pos kesehatan, juga ruang isolasi bagi warga.

“Kegiatannya tidak jauh dari kampung tangguh sebelumnya. Karena di Sidoarjo sudah ada kampung tangguh, jadi pelaksanaannya lebih mudah. Intinya bahwa penggerak dari PPKM Mikro adalah ketua kampung tangguh dan ketua PPKM Mikro bersama warganya. Syukurlah semua warga di sini mendukung penuh,” jelas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji saat meninjau PPKM Mikro di Desa Bluru, Rabu (10/2/2021).

Menurutnya, bahwa Desa Bluru ditetapkan sebagai kawasan PPKM Mikro dikarenakan termasuk kategori zona merah. Berdasarkan hasil swab terakhir mulai tanggal 5 sampai 8 Februari, ada 13 warga dalam satu RT di Desa Bluru terkonfirmasi Covid-19.

“Karenanya mulai kemarin tanggal 9 Februari 2021, kami bersama Pemkab Sidoarjo, TNI, instansi terkait, dibantu komunitas dan warga setempat yang antusias akan adanya program ini mulai membentuk kawasan PPKM Mikro,” lanjut Kombes Pol. Sumardji.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO