Jumat, 23 April 2021 00:29

​Gunung Raung Erupsi, BMKG Banyuwangi: Abu Vulkanik Diprakirakan Sampai ke Pulau Bali

Selasa, 09 Februari 2021 16:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herry W. Sulaksono
​Gunung Raung Erupsi, BMKG Banyuwangi: Abu Vulkanik Diprakirakan Sampai ke Pulau Bali
Gunung Raung. (foto: ist)

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com -  Abu vulkanik yang membumbung tinggi akibat erupsi Gunung Raung telah mencapai Pulau Bali. Dari pengamatan di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, asap dari aktivitas vulkanik gunung yang berada di perbatasan Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso tersebut terlihat membumbung tinggi.

Asap membumbung tinggi hingga 2.500 meter di atas puncak. Petugas PPGA Raung Burhan Alethea membenarkan hal tersebut. Gunung Raung terlihat tampak jelas mengeluarkan asap kelabu hingga hitam dengan intensitas sedang hingga pekat.

"Pukul 08.19 WIB, teramati asap kelabu hingga hitam intensitas tebal dengan tinggi 2.500 meter," ujar Burhan kepada wartawan, Selasa (9/2/2021).

Burhan menerangkan, arah angin sendiri condong ke arah timur. Abu kemungkinan akan jatuh di sebagian kawasan Banyuwangi dan bandara. Selain itu, pantulan cahaya api juga muncul dari gunung setinggi 3.332 mdpl tersebut. "Suara gemuruh pun masih terdengar," tambah Burhan.

BACA JUGA : 

Bandara Banyuwangi Kembali Ditutup, Dampak ​Erupsi Gunung Raung

​Penerbangan di Bandara Banyuwangi Kembali Dibuka

​BPBD Banyuwangi Siapkan Jalur Evakuasi bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Raung

Dampak ​Erupsi Gunung Raung, 440 Hektare Area Pertanian di Banyuwangi Rusak

Sementara untuk kegempaan, lanjut Burhan, terjadi tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 3-32 mm (dominan 7 mm).

Burhan menjelaskan, PPGA Raung juga mengirimkan VONA untuk penerbangan di bandara di sekitar Gunung Raung. Salah satunya, yakni Bandara Banyuwangi, untuk menentukan kebijakan dalam operasional penerbangan. "Kami kirimkan VONA untuk penerbangan. Masih Yellow," pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, sebaran abu vulkanik jika dilihat dari prakiraan sebaran abu vulkanik yaitu VAAC (Volcanic Ash Advisory Center) Darwin, prakiraan angin mengarah ke timur dengan kecepatan 20 knot.

"Persebaran abu vulkanik diprakirakan mengarah hingga sampai Bali," ujar Dita Purnamasari, Prakirawan BMKG Kelas III Banyuwangi.

Dita juga menambahkan, secara umum wilayah Banyuwangi terpantau berawan. Namun, pada siang hingga malam berpotensi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang. Masyarakat juga diimbau untuk tetap waspada terhadap angin kencang beberapa hari ke depan. (her/zar)

​Cendekiawan Muslim tak Tahu Jumlah Juz Al-Quran
Rabu, 21 April 2021 22:01 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 10 ini bercerita tentang seorang menteri yang juga pengurus organisasi cendekiawan muslim. M Mas’ud Adnan - narator anekdot Gus Dur - bercerita bahwa pada akhir kekuasaan ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...