Peringati HPN, Polres Blitar dan Wartawan Ajak Masyarakat Tes Cepat Antigen Gratis

Peringati HPN, Polres Blitar dan Wartawan Ajak Masyarakat Tes Cepat Antigen Gratis Tes antigen yang digelar di Pertigaan Jembatan Kecamatan Kademangan, Selasa (9/2/2021). (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Peringati Hari Pers Nasional (HPN), bersama wartawan mengajak masyarakat untuk mengikuti tes cepat antigen. Tes antigen tersebut digelar di Pertigaan Jembatan Kecamatan Kademangan, Selasa (9/2/2021).

Pengendara yang sedang melintas dihentikan secara acak kemudian diarahkan ke tenda yang telah disediakan untuk dites antigen.

"Dalam rangka memperingati HPN di tengah pandemi Covid-19 kami bersama teman-teman wartawan melakukan kegiatan yang sifatnya mengedukasi masyarakat. Kami membagikan masker sekaligus melakukan tes cepat antigen bagi para pengendara yang melintas," ujar Kapolres Blitar AKBP Leonard M. Sinambela.

Dia menjelaskan, kegiatan tes cepat antigen ini dilakukan agar masyarakat paham bahwa kegiatan pemeriksaan dibutuhkan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara personal. "Kami memberikan edukasi bahwa kecepatan mendeteksi terhadap diri secara personal itu penting," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PWI Blitar Raya Irfan Anshori berharap pers mampu membantu peran pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Dengan memberikan informasi dan edukasi soal pencegahan penularan Covid-19 kepada masyarakat.

"Kami berharap ke depan pers diharapkan mampu menjadi corong pemerintah dalam mengatasi pandemi dengan mengedukasi masyarakat, sehingga dapat menekan penularan Covid-19 di daerahnya masing-masing," ujar Irfan.

Pada kegiatan tersebut, ada 87 warga yang melintas dites cepat antigen. Dari jumlah tersebut, ada satu orang yang hasil tesnya dinyatakan positif. Dia kemudian langsung dijemput Tim Covid-19 Hunter untuk diantarkan ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Perlu diketahui, tes cepat antigen ini merupakan yang kedua kalinya digelar oleh . Pertama, menggelar tes cepat antigen pada Sabtu, 6 Februari 2020. Tes antigen yang pertama digelar di Kecamatan Kanigoro yang berstatus zona hitam penularan Covid-19 di Kabupaten Blitar. Sementara tes kedua digelar di Pertigaan Jembatan Kademangan yang merupakan jalur utama penghubung Kabupaten Blitar dengan Kabupaten Tulungagung. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO