Sabtu, 08 Mei 2021 00:00

Jatim Berbagi, Loyalis Khofifah yang Bermetamorfosis ke Kegiatan Sosial

Minggu, 07 Februari 2021 21:28 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Jatim Berbagi, Loyalis Khofifah yang Bermetamorfosis ke Kegiatan Sosial
Relawan Jatim Berbagi mendistribusikan bantuan kepada korban banjir di Jember. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pasca Pilgub Jatim 2018 dan Khofifah Indar Parawansa dilantik sebagai Gubernur Jawa Timur, bukan berarti kelompok relawan pendukung Khofifah bubar jalan. Para loyalis Khofifah itu tetap eksis bergerak di bawah. Namun mereka tidak lagi melakukan kerja-kerja elektoral. Mereka bermetamorforsis menjadi lembaga sosial yang bergerak secara swadaya, salah satunya Jatim Berbagi.

Jatim Berbagi selalu turun langsung ke masyarakat yang membutuhkan pertolongan, termasuk pada korban banjir di Kabupaten Jember. Mereka turun di dua titik yang merupakan wilayah terdampak banjir. Yakni di Pondok Pesantren Bustanul Ulum, Dusun Sembungan, Desa Mlokorejo, Kecamatan Puger. Bantuan lain didistribusikan di posko banjir yang terletak di Jalan Wahid Hasyim 17, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates.

"Banjir kali ini sangat parah, bahkan mencapai dada orang dewasa. Karena itu kami turun ke sini untuk membantu meringankan beban warga mau pun santri di pondok," terang Hairul Anam, Koordinator Jatim Berbagi saat dikonfirmasi melalu sambungan telepon, Minggu (7/2/2021).

Hairul melanjutkan, kehadiran mereka ke lokasi bencana sebagai wujud solidaritas sebagai sesama manusia, terutama sesama warga Jatim. Pihaknya berharap korban banjir bisa segera kembali hidup secara normal.

BACA JUGA : 

​Sertijab Bupati-Wabup Pacitan, Khofifah: Jatim Penyumbang Padi 18,2% Tertinggi se-Indonesia

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Varian Baru, Pemprov Jatim Terus Maksimalkan Layanan Kepulangan PMI

​Gubernur Khofifah Larang ASN Pemprov Jatim Mudik! Wajib Absen Tiap Hari

Jelang Lebaran dan Pendaftaran Sekolah, Pemprov Jatim Gratiskan Biaya Sewa 2 Bulan di 4 Rusunawa Ini

Dalam kesempatan itu, para relawan Jatim Berbagi membawa bantuan di antaranya berupa beras, mi instan, dan pakaian layak pakai. Seluruh bantuan itu diantar langsung ke lokasi bencana dan diserahkan kepada korban banjir.

"Kehadiran kami di sini, di lokasi banjir ini adalah wujud solidaritas sebagai sesama warga Jatim. Mungkin kalau dilihat dari jumlah tidak seberapa, tapi spirit berbagi ini yang luar biasa," imbuh pemuda asal Pamekasan ini.

Hairul mengungkapkan, pihaknya memang berlatar belakang relawan Khofifah. Bahkan sejak Pilgub 2013. Karena itu wajar dalam kegiatan Jatim Berbagi mereka selalu membawa atribut Khofifah.

Namun dalam kegiatan sosial yang mereka lakukan dilakukan secara swadaya mandiri. Seluruh bantuan murni sejak berdiri di tahun 2017 berasal dari swadaya relawan Jatim Berbagi. Di luar bencana alam, pihaknya rutin melakukan bakti sosial dua bulan sekali ke masyarakat secara bergilir di wilayah Jawa Timur.

"Saya dan teman-teman di Jatim Berbagi bisa dibilang adalah relawan Bu Khofifah ketika pilgub. Demikian pula Mas Hadi Mulyo Utomo yang merupakan pembina di Jatim Berbagi. Saat ini medan perjuangan kami di bidang sosial kemasyarakatan," pungkas Hairul. (mdr/ian)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...