Jumat, 23 April 2021 08:31

Banjir Jombang: Hari Kedua, Air Bertambah Tinggi, Warga Gondangmanis Mulai Mengungsi

Jumat, 05 Februari 2021 15:35 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Aan Amrullah
Banjir Jombang: Hari Kedua, Air Bertambah Tinggi, Warga Gondangmanis Mulai Mengungsi
Tampak seorang warga yang menggendong keluarga mereka yang lansia karena tidak mungkin melalui genangan air banjir.

Jombang, BANGSAONLINE.com - Semakin bertambahnya air akibat jebolnya tanggul Sungai Brawijaya yang masuk ke permukiman, membuat warga Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, terpaksa mengungsi, Jumat (05/02).

Pantauan di lokasi, warga beserta anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang melakukan evakuasi terhadap para lansia dan anak-anak dari Dusun Manisrenggo, Desa Gondangmanis. Para lansia harus digendong karena beberapa sudah tidak bisa jalan. Warga terpaksa mengungsi lantaran air yang menggenangi wilayah tersebut semakin bertambah hingga mencapai ketinggian sekitar satu setengah meter.

“Hari ini terpaksa mengungsi karena air sudah masuk ke rumah. Kalau kemarin itu masih belum, hanya selutut, sekarang sudah sepinggang saya,” ujar Siti (62), Warga Dusun Manisrenggo.

Para pengungsi terpaksa meninggalkan harta bendanya di dalam rumah karena lokasi evakuasi cukup jauh dari tempat tinggalnya. Hanya sebagian pakaian, perhiasan, serta surat-surat berharga yang dibawa. Sedangkan lokasi penampungan bagi warga yang mengungsi ditempatkan di Kantor Desa setempat.

BACA JUGA : 

Bolos Paripurna, Eksekutif Sebut Anggota Dewan Jombang Tak Paham Peraturan

Kecewa Eksekutif Tak Sampaikan LHP BPK, Anggota DPRD Jombang Boikot Paripurna LKPJ

Sekda Buka Rapat Persiapan Gugus Tugas Reforma Agraria Jombang Tahun 2021

Bahan Petasan Meledak Saat Dimasak, Sebuah Rumah di Jombang Hancur, Satu Orang Meninggal

“Cuma bawa pakaian, tapi hanya beberapa saja. Kalau barang-barang elektronik seperti TV, Magic com dan lain-lain masih di dalam, rumah sudah gak bisa bawa. Ini tadi saja sudah antre nunggu perahu penjemput,” imbuh nenek dua cucu ini.

“Katanya mau dibawa ke kantor desa, tapi saya rencananya ke rumah kerabat saja di Perak,” tukasnya.

BACA JUGA: Cerita Korban Banjir Bandang di Jombang: Saat Salat, Tiba-Tiba Terdengar Suara Seperti Gemuruh Ombak

Selain bertambahnya air, menurut data dari BPBD Jombang, lokasi banjir pun meluas hingga 4 Desa di Kecamatan Bandarkedungmulyo. Air berasal dari Kali Konto masuk ke Sungai Avoeur Besuk.

“Aliran Kali Konto Kediri masuk ke Avoeur Besuk. Dan Avoeur Besuk ini jebol di tiga titik. Ada di Brangkal dan di Gondang Manis,” ungkap Koordinator Operasional Lapangan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran BPBD Kabupaten Jombang, Stevie Maria (Pepy).

Disebutkan Pepy, jika air dari tiga putusan tanggul tersebut masuk ke Sungai Brawijaya atau saluran Sekunder Brawijaya. Luberan air yang kini mengakibatkan banjir.

“Saluran Sekunder Brawijaya kondisinya tidak mungkin sanggup untuk menampung debit air yang sangat besar, dan akhirnya meluber. Dan semua putusan tanggul ini meluber ke sawah, dan dari sawah masuk ke pemukiman,” terangnya.

BACA JUGA: Tergenang Banjir, Arus Lalu Lintas di Bandar Kedungmulyo Jombang Dialihkan

Data sementara akibat banjir ini, ada sekitar 1.748 Kepala Keluarga (KK) dan 5.480 jiwa yang tersebar pada 4 Desa di Kecamatan Bandarkedungmulyo yang terdampak banjir. Di antaranya, Desa Bandarkedungmulyo, Desa Gondangmanis, Desa Pucangsimo, dan Desa Banjarsari.

“Kondisi terparah sampai saat ini ada di Desa Gondang Manis yang menyelimuti lima dusun yaitu, Dusun Gondangmanis, Manisrenggo, Gondanglegi, Kandangan, dan Dusun Prayungan,” pungkas Pepy.

Sebelumnya, banjir yang melanda 4 Desa di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang terjadi pada Kamis (04/02) dini hari. Banjir diakibatkan jebolnya tanggul Sungai Brawijaya yang melintasi wilayah tersebut. (aan/ns)

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...