​Peringati HPN 2021, PWI Kediri Gandeng Relawan Gelar Reboisasi di Gunung Klotok

​Peringati HPN 2021, PWI Kediri Gandeng Relawan Gelar Reboisasi di Gunung Klotok Hari Pers Nasional 2021. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2021, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kediri akan melakukan aksi reboisasi atau penanaman pohon kembali di kawasan hutan Gunung Klotok dan revitalisasi beberapa sumber air pada Minggu (28/2) mendatang. Kegiatan itu bekerja sama dengan ARPLH (Aliansi Relawan Peduli Lingkungan) Kediri Raya dan Karang Taruna Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Hutan kawasan Gunung Klotok yang masuk wilayah Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto dan sangat dekat dengan pusat Kota Kediri tersebut memang perlu mendapat perhatian karena terdapat lahan kosong/gundul di beberapa tempat dan lahan bekas longsor. Lahan gundul itu menjadi rawan bencana jika dibiarkan.

Ketua Panitia PWI Kediri Munjidul Ibad menjelaskan bahwa aksi reboisasi di kawasan hutan Gunung Klotok tersebut semata-mata demi ikut menjaga kelestarian lingkungan dan alam.

Berdasarkan pantauan di lapangan, lanjut Ibad, kawasan hutan di Gunung Klotok yang juga terdapat tiga bangunan candi dan patirtan diduga peninggalan Kerajaan Kediri tersebut, memang ada yang rusak bekas longsor dan ulah manusia.

"Mumpung masih musim penghujan, makanya dalam rangka memperingati ini, PWI Kediri bekerja sama dengan pegiat lingkungan dan pecinta alam yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup serta karang taruna melakukan aksi reboisasi di kawasan Hutan Gunung Klotok," kata Ibad, Rabu (3/2).

Menurut Ibad, sedikitnya 1.000 pohon berbagai jenis yang akan ditanam. Pohon-pohon tersebut merupakan sumbangan dari Komunitas Oleng-Oleng dan GNDP (Gerakan Nasional Donor Pohon), meliputi ketapang, trembesi, mahoni kedawung, kepuh, duren, nangka, dan lainnya.

"Dengan melakukan reboisasi akan didapatkan manfaat, di antaranya adalah mencegah terjadinya erosi tanah yang bisa disebabkan oleh angin dan juga air hujan yang berturut-turut, menjaga struktur tanah agar tidak rusak, dan menjaga keanekaragaman satwa agar tetap lestari," terang Ibad.

Ibad menambahkan, selain aksi , PWI Kediri juga akan menggelar bakti sosial berupa pelatihan membuat sabun cuci piring bagi penyandang disabilitas di Kota dan Kabupaten Kediri dan bagi-bagi masker kepada masyarakat.

"Untuk diketahui, rangkaian acara selain reboisasi dan baksos, PWI Kediri juga menggelar lomba foto terkait pandemi, webinar, dan puncaknya penganugerahan Lencana Hasta Adhi Warta," pungkas Ibad seraya mengatakan bahwa PWI Kediri juga akan berkoordinasi dengan Perhutani KPH Kediri dan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Trenggalek Wilayah Kerja Kediri. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO