Kamis, 15 April 2021 01:05

Tarif RPU Dinilai Kurang Kompetitif, Pemkab Sidoarjo Bakal Ajukan Perubahan Perda

Senin, 01 Februari 2021 21:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Tarif RPU Dinilai Kurang Kompetitif, Pemkab Sidoarjo Bakal Ajukan Perubahan Perda
Hudiyono sidak rumah potong unggas (RPU) Krian, Senin (1/2). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Salah satu pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh Kabupaten Sidoarjo selain pajak, adalah sektor jasa rumah potong hewan dan unggas.

Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo, Hudiyono ingin mengoptimalkan pengelolaan rumah potong hewan (RPH) dan rumah potong unggas (RPU) yang dikelola oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo untuk menambah PAD.

Saat sidak ke RPU Krian, Senin (1/2/2021), Hudiyono mendapatkan informasi dari Dinas Pangan dan Pertanian, kalau harga jasa penyimpanan ayam potong per kilogram sebesar Rp 75.

Sedangkan di luar, kisaran Rp 25 hingga Rp 35 per kilogram. Selain itu, tempat penyimpanan (cool storage) yang dimiliki RPU kapasitasnya maksimal 8 ton. Sedangkan kebutuhannya tiap tahun bertambah.

BACA JUGA : 

Genjot Investasi di Kota Delta, Gus Muhdlor Gelar Coffee Morning Bersama Puluhan Pengusaha

Percantik Kota Delta, Gus Muhdlor Libatkan Arsitek Nasional Andra Matin

Gampang Rusak Akibat Luapan Sungai, Jalan Beciro Sidoarjo Akan Dibeton 1,7 Km

Sidoarjo Raih Terbaik Pertama Kategori Penilaian Kompetensi BKN Award 2020

Sedangkan di luar, kisaran Rp 25 hingga Rp 35 per kilogram. Selain itu, tempat penyimpanan (cool storage) yang dimiliki RPU kapasitasnya maksimal 8 ton. Sedangkan kebutuhannya tiap tahun bertambah.

RPU Krian per hari maksimal bisa melayani 1.500 potong unggas. Untuk penyimpanan daging kapasitasnya 8 ton dan tahun 2021 ini sudah masuk anggaran penambahan pembelian cool storage kapasitas bisa dua kali lipat.

Hudiyono dalam waktu dekat akan mengajukan perubahan Perda tarif RPU supaya bisa bersaing dengan swasta. Saat ini tarif di RPU sesuai perdanya untuk pemeriksaan unggas per ekornya Rp 100 dan tarif potong Rp 500 per ekor.

"Kita akan ajukan perubahan perda tarif jasa pemakaian RPU ini. Tujuannya agar pendapatan di sini bisa naik dan harganya mampu bersaing kompetitif dengan pihak swasta. Selain itu juga untuk menaikkan jumlah PAD," cetus Cak Hud, panggilan karib Hudiyono.

Laporan yang diterima Cak Hud selama pelaksanaan PPKM, pendapatan RPU menurun karena beberapa diliburkan.

Cak Hud minta layanan potong unggas dan hewan tetap berjalan seperti biasa untuk melayani pelanggan. Meski pademi Covid, perekonomian tetap jalan syaratnya menjalankan protokol kesehatan. 

"Pendapatan menurun karena memang ada sebagian diliburkan, yang biasanya kerja bisa dua shift selama PPKM ini jadi satu shift. Saya minta layanan RPU tetap buka seperti biasanya," pintanya. (sta/ian)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...