Kadinkes Banyuwangi Pastikan Vaksin Sinovac Aman dan Halal

Kadinkes Banyuwangi Pastikan Vaksin Sinovac Aman dan Halal Dokter Rio sedang divaksin.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono memastikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari China, Coronovac yang disuntikkan massal kepada seluruh nakes dan para pejabat serta tokoh di Banyuwangi, aman dan halal.

Menurutnya, vaksin Coronovac adalah virus Covid-19 yang sudah dimatikan. Artinya, ini adalah virus yang tidak aktif dan akan memicu antibodi atau kekebalan tubuh terhadap virus tanpa risiko penyakit serius.

"Aman atau tidak, kita pastikan aman," tegas Dokter Rio, panggilan akrab dr Widji Lestariono kepada wartawan saat di Pendapa Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, Kamis (28/1/2021) kemarin.

Kendati demikian, bagi mereka yang telah mendapatkan suntikan vaksin pertama, belum bisa dipastikan akan kebal terhadap virus Covid-19.

"Vaksin hanya untuk memicu antibodi saja bagi penerima vaksin, dan tetap harus menggunakan protokol kesehatan yang ketat meskipun sudah divaksin," tegasnya.

"Karena masih suntikan tahap pertama, hingga sampai dapat suntikan dosis kedua. Itu pun harus menunggu beberapa waktu," imbuhnya.

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO