​4.640 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Kabupaten Kediri

​4.640 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Kabupaten Kediri Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo saat mengecek tempat penyimpanan vaksin dan memberi arahan kepada kepada jajarannya di Puskesmas Semen, Kabupaten Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 4.640 dosis vaksin Covid-19 tahap pertama telah tiba di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri, Senin (25/1) malam lalu. Dengan diangkut mobil boks Indofarma Global Medika, kedatangan vaksin tersebut dikawal ketat petugas kepolisian.

Adapun untuk proses pendistribusian dan pelaksanaan vaksinasi, Dinkes Kabupaten Kediri pada Selasa (26/1/2021) kemarin, sudah berkoordinasi dengan Tim Komite Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. Bambang Triono Putro mengatakan, ribuan vaksin dalam kemasan 116 boks ini langsung disimpan dalam cold chain di gudang farmasi. Meski jumlah tersebut belum mampu mengover seluruh nakes yang mencapai lebih dari 6 ribu orang, langkah ini diharapkan mampu mengatasi kasus Covid-19 yang terus meningkat.

"Senin (25/1/2021) malam sekitar pukul 21.00 WIB, vaksin Covid-19 sudah tiba di Kabupaten Kediri dan langsung disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri yang berada di Kecamatan Semen. Selanjutnya, langsung dilakukan pengecekan dan dipastikan dalam kondisi baik. Untuk launching awal, vaksin dilakukan untuk 10 orang," kata dr. Bambang, Selasa (26/1/2021).

Dokter Bambang menambahkan bahwa untuk teknis pendistribusian akan diambil langsung oleh masing-masing faskes. Mulai Rabu (27/1/2021) hari ini, distribusi sudah bisa dilakukan.

Sementara itu, guna memastikan keamanan vaksin, Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo, S.H., S.I.K., M.H., meninjau gudang penyimpanan vaksin jenis Sinovac tersebut di Puskesmas Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Selasa (26/1/2021) kemarin.

Saat tiba di Puskesmas Semen, orang nomor satu di Polres Kediri Kota itu kemudian disambut oleh Muspika Semen. Di antaranya, Camat Semen Drs. Jiwo, Kapolsek Semen AKP Siswandi, Danramil Semen Kapten Sunarjo, serta Petugas Gudang Puskesmas Semen Jono.

Kapolres kemudian melaksanakan pengecekan di gudang penyimpanan vaksin. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya memberikan pengarahan kepada muspika tentang pengamanan vaksin di tempat penyimpanan dan pendistribusian vaksin ke puskesmas dan klinik.

"Tujuan daripada pengecekan tersebut untuk memastikan tingkat keamanan di gudang farmasi tempat penyimpanan vaksin Covid-19 jenis Sinovac. Untuk jumlahnya sebanyak 4.640 dosis yang disimpan di dalam 2 (dua) boks pendingin (freezer)," kata Kapolres Kediri Kota. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO