​2.033 Nakes di Kota Batu Siap Divaksin Covid-19

​2.033 Nakes di Kota Batu Siap Divaksin Covid-19 Ilustrasi. (by freepik)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya 2.033 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Batu secara bertahap mulai Kamis (28/1/2020) ini akan dilakukan pemberian vaksin Covid-19. Sasaran nakes prioritas ini antara lain petugas ICU, petugas ruang isolasi, petugas ruang pinere, petugas IGD, petugas shelter, dan petugas tracing.

"Mulai Kamis ini vaksinasi tahap pertama akan dilaksanakan. Untuk tahap pertama ini sasaran utamanya adalah tenaga kesehatan," ujar dr. Suzana Indahwati, Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penanganan Bencana Dinkes Kota Batu, Selasa (26/1/2021).

Dijelaskan, kick off pemberian vaksin ini dilaksanakan dari Puskesmas Batu dibantu oleh tenaga spesialis penyakit dalam dan emergency dari RS Karsa Husada Batu. Kick off juga akan diikuti serentak di 4 puskesmas lain dan RS Baptis di hari yang sama.

"Diharapkan dalam minggu depan vaksinasi tahap pertama di Kota Batu selesai dilaksanakan. Suntikan kedua pada sasaran yang sama pada tahap pertama dilakukan 14 hari, kemudian sebagai booster untuk peningkatan antibodi terhadap Covid-19," terangnya.

Ia mengungkapkan, nakes dari Kota Batu yang didaftarkan ke pusat untuk mendapat pelayanan vaksin sebanyak 2.033 orang. Sedangkan pelaksana vaksinasi telah ditunjuk 9 faskes, yakni 5 puskesmas, dan 4 rumah sakit, antara lain RS Karsa Husada, RS Dea, RS Baptis, dan RS Hasta Brata.

Sementara itu, dr. Ferdinandus, Kasi Yankes RS Karsa Husada Batu mengungkapkan bahwa tenaga kesehatan di RS Karsa Husada sudah siap diberi suntikan vaksin Covid-19.

"Kami sudah siap, Mas. tinggal menentukan jadwal pelaksanaannya saja," ujar dr. Ferdinandus yang juga spesialis penyakit dalam tersebut saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com. (asa/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO