​Fungisida, Harapan Baru Petani Apel Kota Batu Atasi Mata Ayam

​Fungisida, Harapan Baru Petani Apel Kota Batu Atasi Mata Ayam Ilustrasi buah apel terkena penyakit mata ayam. foto: balitjestro

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Para petani apel kini bisa sedikit bernapas lega. Hal itu karena pandemi mata ayam yang telah menyerang apel tiga tahun terakhir ini, mulai sedikit menemui titik terang.

Luar biasanya, penemu ramuan untuk mengatasi mata ayam itu bukan dari kolega pemerintahan ataupun akademisi. Namun, ditemukan sendiri oleh salah satu petani apel , yang melakukan observasi dan penelitian secara mandiri.

Petani itu namanya Ruddy Madiyanto. Penemuan ramuan untuk memberantas mata ayam itu merupakan dari pressing dari adanya hama mata ayam yang terus menghantui. Selain itu, juga karena terus meruginya para petani apel karena gagal panen. Bahkan, ada salah seorang petani yang bisa membuang hingga 70 ton apel akibat busuk diserang mata ayam.

Ramuan yang ditemukan  Ruddy Madiyanto berupa fungisida. Cairan dari ramuan itu bisa disemprotkan langsung ke apel yang menderita mata ayam. Untuk penyemprotannya bisa dilakukan secara rutin ataupun berkala.

"Dari hasil penyemprotan yang telah dilakukan selama empat bulan ini, menunjukkan sejumlah apel sembuh dari hama mata ayam. Dengan menunjukkan bintik hitam di apel mulai memudar," ujar Ruddy.

Seperti yang telah dijelaskan Ruddy, untuk menemukan ramuan fungisida itu, dirinya mengaku telah melakukan riset selama delapan bulan terakhir ini. Keinginan itu merupakan murni dari keinginannya sendiri. 

"Berawal dari kita sendiri. Karena ada pressing hama. Karena jika terus diam dan pasrah, tidak akan bisa mendapatkan keuntungan," ungkapnya.

Dari hasil observasi ditemukan jika mata ayam itu berasal dari jamur. Yang mana, jamur itu memiliki ciri-ciri penyebarannya hanya empat hari. Mulai dari spora hingga spora lagi.

"Berdasarkan pengelihatan saya, jamur ini menyerang pada apel dengan jenis manalagi. Sedangkan untuk apel jenis ana masih bisa dikatakan aman," ujarnya. 

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO