Komplotan Pembobol Mesin ATM Lintas Provinsi Diringkus Polisi, Ngaku Belajar dari Youtube

Komplotan Pembobol Mesin ATM Lintas Provinsi Diringkus Polisi, Ngaku Belajar dari Youtube Tim Resmob Polres Ponorogo berhasil meringkus komplotan pembobol ATM lintas provinsi.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Dengan modus berpura-pura menjadi petugas bank, kawanan pengganjal sekaligus pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) lintas provinsi berhasil dibekuk tim Resmob pada Minggu (24/1/2020).

Empat dari lima pelaku berhasil diringkus Tim Resmob saat hendak beraksi di wilayah Kabupaten Jombang.

Empat pelaku tersebut merupakan warga Brebes, Jawa Tengah dan sudah melancarkan aksi serupa di berbagai wilayah lintas provinsi, di antaranya Ponorogo (Jawa Timur), Tegal, Brebes, hingga Solo (Jawa Tengah).

Dalam melancarkan aksinya, mereka memiliki peranan masing-masing dan mengaku belajar melalui YouTube. Nasroni sebagai pengganjal mesin ATM, dan tiga pelaku lain bertugas memasang stiker berisikan nomor HP Customer Service fiktif. Serta ada yang berpura-pura menolong dan mengarahkan untuk menelepon nomor customer service fiktif.

Sekali beraksi, kawanan pembobol ATM tersebut bisa menguras uang korban di ATM hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Sementara itu, Kasatreskrim  AKP Hendi Septiadi mengatakan, total tersangka yang berhasil diamankan 4 orang dan saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman.

"Korban mengaku tidak merasa curiga saat berada di ATM, karena pelaku seolah-olah membantu mengambil kartu ATM milik korban yang tidak bisa keluar dari mesin ATM," terang AKP Hendi.

Saat ini, polisi masih melakukan penyidikan dan memintai keterangan dari beberapa pelaku yang berhasil diamankan dan sejumlah barang bukti. Polisi juga masih memburu satu pelaku yang menjadi otak aksi ganjal mesin ATM tersebut. (nov/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO