Hindari Kebiasaan Ini Untuk Menjaga Rambut Tetap Indah

Hindari Kebiasaan Ini Untuk Menjaga Rambut Tetap Indah Ilustrasi rambut (Pixabay/RyanMcGuire)/cnn

BangsaOnline - Banyak orang belum menyadari betapa pentingnya perawatan . Padahal adalah mahkota setiap manusia, tak peduli laki-laki ataupun perempuan.

Akibatnya, banyak yang secara sadar maupun tidak sadar melakukan hal-hal yang merusak . Padahal tidak seperti kulit yang memiliki mekanisme alamiah untuk merawat dan memperbaiki diri, tidak punya kemampuan tersebut. Rambut yang rusak tidak akan pernah kembali pulih dengan sendirinya.

Shean Lim, Hair Care & Color Senior Technologist P&G Asia Pacific, perusahaan multinasional yang membuat produk perawatan kesehatan keluarga menjelaskan, meski terlihat sederhana, sesungguhnya merupakan bagian tubuh yang amat kompleks.

Rambut terdiri dari dua bagian utama yakni kutikula dan korteks. Kutikula adalah pelindung bagian dalam yang disebut korteks. Kutikula sendiri dilindungi oleh lapisan minyak (lipid) yang disebut F-layer.

"Kabar buruknya, kutikula dan korteks tidak mempunyai kemampuan memperbaiki kerusakan, tidak seperti kulit kita," kata Lim dalam acara Pantene di Gandaria, Jakarta Selatan, kemarin (10/2).

Pakar dari Singapura itu pun memaparkan, ada empat penyebab kerusakan .

1. Kerusakan mekanis
Mechanical damage atau kerusakan mekanis adalah yang paling lumrah dilakukan oleh kebanyakan orang. Kerusakan ini dapat terjadi saat menyisir atau mengeringkan basah menggunakan handuk dengan terlalu keras.

Dua hal tersebut dapat menyebabkan kutikula terkelupas dan menjadi patah.

2. Kerusakan karena lingkungan
Enviromental damage atau kerusakan akibat lingkungan juga menjadi salah penyebab rusak. Hal ini diperparah dengan kondisi negara tropis seperti Indonesia.

Sama seperti yang terjadi pada kulit, paparan sinar ultraviolet mengakibatkan degradasi protein pada . Akibatnya dapat menjadi kering dan kusam.

3. Kerusakan karena panas
Hidup perempuan sekarang ini dimudahkan dengan aneka alat penata . Sebut saja, blow dryer, hair dryer, catok, pengeriting , dan sebagainya.

Penggunaan alat-alat tersebut secara masif dapat menyebabkan kerusakan akibat panas berlebih. Kerusakan ini disebut sebagai thermal damage. Panas dapat menyebabkan kerusakan fatal pada kutikula sehingga jadi menggelembung atau bubble hair.

4. Kerusakan kimia
Tak dimungkiri, penggunaan bahan-bahan kimia akan merusak . Penggunaan bahan kimia adalah saat mewarnai dan bleaching.

Bahan-bahan kimia menimbulkan proses oksidatif yang menyebabkan lapisan F-layer pada hilang. Hal ini menjadikan kutikel menjadi rentan dan akhirnya merusak kesehatan .

"Kita pasti pernah melakukan satu atau lebih hal-hal itu. Dan, tanpa solusi yang tepat, mustahil bisa memiliki yang sehat," kata Lim.

Lim menjelaskan penggunaan sampo saja tidak cukup. Rambut perlu dilindungi oleh kondisioner. Kondisioner dapat memperbaiki kutikula yang terkelupas atau rusak.

Kutikula yang rusak diibaratkan seperti susunan keramik pada lantai yang berlubang-lubang. Penggunaan kondisioner, menurut Lim, dapat mengisi celah-celah kutikel yang rusak tersebut.

"Kondisioner punya dua fungsi, pertama untuk memperbaiki rusak dan kedua untuk melindungi ," tandas Lim.

Sumber: cnn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO