​BMKG Tuban Prediksi Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat, Warga Diminta Waspada

​BMKG Tuban Prediksi Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat, Warga Diminta Waspada Peringatan Dini 3 Harian Jawa Timur. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Cuaca kurang bersahabat terjadi di beberapa wilayah dalam beberapa hari terakhir ini. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () Stasiun Meteorologi Kabupaten , kondisi cuaca seperti itu bakal terus terjadi dalam 5 hari ke depan.

"Cuaca ekstrem dan gelombang tinggi diperkirakan terjadi di perairan -Lamongan dengan ketinggian gelombang laut berkisar 0,5 meter hingga 2 meter," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Rofiq Isa Mansyur saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com terkait , Selasa (19/1/2021).

Dirinya menambahkan, fenomena cuaca buruk itu dipicu adanya pola tekanan rendah di sekitar Samudera Hindia yang mengakibatkan terbentuknya beberapa konvergensi atau pertemuan dua massa udara. Kondisi itu memicu terjadinya hujan disertai angin kencang selama tiga hari ke depan.

"Untuk itu, para nelayan agar selalu berhati-hati ketika melaut dan waspada apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan," imbuhnya.

Tak hanya itu, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir terjadi hampir menyeluruh di wilayah . Situasi itu akan berimbas terjadinya bencana banjir dan angin kencang dengan level waspada.

"Kami minta masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap fenomena akibat cuaca buruk ini dan selalu memantau update informasi cuaca dari ," pungkasnya. (gun/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO