Pemkot Kediri Matangkan Persiapan, Begini Alur Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Pemkot Kediri Matangkan Persiapan, Begini Alur Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Warga yang akan divaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir yang sudah disiapkan. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Meski Kota Kediri mendapatkan giliran pada awal Februari 2021, namun saat ini sosialisasi dan persiapan sudah mulai dilakukan. Salah satunya dengan mempersiapkan tempat vaksin dan sosialisasi tahapan yang harus dilalui sasaran (orang yang divaksin).

“Kota Kediri dapat jatah awal Februari. Untuk bulan Januari ini hanya untuk Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo,” kata Fauzan Adima, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Kediri, Selasa (19/1/2021).

Menurut Fauzan, pelaksanaan pada bulan Januari diutamakan untuk ibu kota provinsi dan kota-kota penyangga di sekitarnya. Selama menunggu giliran, Kota Kediri dalam hal ini dinas kesehatan telah menyiapkan 9 Puskesmas dan 6 rumah sakit sebagai tempat penyelenggaraan Covid-19.

"Sebagaimana persiapan di Puskesmas Pesantren II, dinkes menyediakan 4 meja yang harus dilalui oleh sasaran . Prosedurnya, sasaran datang dan mengantre dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan," terang Fauzan.

Kemudian sasaran mencuci tangan dan dicek suhu, kemudian menuju meja pertama. Di meja pertama ini, kata Fauzan, sasaran menunjukkan surat undangan/QR Code yang akan dipindai oleh petugas. Setelah sesuai dengan data, maka sasaran menuju meja II.

Di meja II, sasaran akan diukur tensi darah, kemudian menjawab sekitar 16 pertanyaan yang akan ditanyakan oleh petugas. Pertanyaan-pertanyaan ini seputar kondisi sasaran, kesehatan, sejarah penyakit, dan juga apakah menerima vaksin dalam kurun waktu tertentu.

"Sasaran hendaknya menjawab dengan sejujur-jujurnya, sebab jawaban ini akan berhubungan dengan kesuksesan . Setelah selesai dan lolos, maka sasaran akan mendapatkan kartu tanda peserta ," ujar Fauzan.

Lalu lanjut di meja III, di sinilah proses dijalankan. Petugas akan menyingsingkan lengan sasaran, mengusap alkohol, lantas menyuntikkan vaksin. Terakhir, menutup bekas vaksin dengan plester.

Selanjutnya, sasaran menuju meja terakhir, yaitu meja ke IV. Di sini, pasien akan melapor, kemudian diminta untuk menunggu selama 30 menit di ruang tunggu. Selama 30 menit akan diobservasi. Bila tidak ada gangguan, maka sasaran akan menerima surat keterangan telah divaksin dan diperkenankan untuk pulang. Apabila selama 30 menit ada gangguan, maka petugas akan memberikan tindakan lebih lanjut.

"Demikian tahapan yang harus dilalui. Sosialisasi terus dilakukan oleh Pemkot Kediri untuk menyukseskan program ini dan segera menghentikan penyebaran Covid-19," pungkas Fauzan. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO