Senin, 01 Maret 2021 07:37

Tahun 2020, Jawa Timur Raih Banyak Prestasi di Bidang Pendidikan

Senin, 18 Januari 2021 20:28 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Tahun 2020, Jawa Timur Raih Banyak Prestasi di Bidang Pendidikan
Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT, Kepala Dinas Pendidikan Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai kebutuhan dasar masyarakat, pendidikan menjadi hal wajib yang harus mendapat perhatian serius. Melalui Jatim Cerdas yang digagas dalam Nawa Bhakti Satya (Visi-Misi Gubernur Jawa Timur), Gubernur Jawa Timur berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadi salah satu program prioritas.

Sejak diimplementasikan pada tahun 2019 lalu, Jatim Cerdas bersama beberapa program lainnya langsung mendapat perhatian serius dari beberapa pemangku kebijakan dan para leading sector

Hal tersebut menunjukkan bahwa sembilan program yang dikemas dalam Jatim Cettar menjadi harapan bersama dalam menyongsong masa depan Jawa Timur yang lebih baik.

Baihaki Siradj, Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mencatat, pertama sekali capaian yang mampu membanggakan masyarakat Jawa Timur adalah dengan berhasilnya menjadi juara umum pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN). Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa, dimana sejak dilaksanakannya kegiatan kompetisi tersebut, Provinsi Jawa Timur pertama kali mencatatakan capaiannya sebagai juara umum pada tahun 2020.

"Dalam perhatian kami, hal tersebut tidak lepas dari peran Kepala dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T.) yang mampu menerjemahkan dan merealisasikan target Pendidikan yang diharapkan oleh Gubernur Jawa Timur (Khofifah Indar Parawansa) dan Wakil Gubernur (Emil Elistianto Dardak)," tutur Baihaki, Senin (18/1/21).

Baihaki mengutip dari laman Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bahwa pemenang dalam salah satu kompetensi pendidikan paling bergensi di Indonesia adalah Jawa Timur. Prestasi tersebut dapat diketahui dengan perolehan 70 medali yang teridiri dari 19 medali emas, 24 perak, dan 27 perunggu.

Lomba Kompetisi Sains Nasional itu dilaksanakan sejak tahun 2002. Selama 18 tahun tersebut sebagai juara umum banyak diraih DKI Jakarta, baru di tahun 2020 ini sebagai juara umum direbut oleh Jawa Timur.

Begitu pula, LKS2N untuk siswa disabilitas yg dilaksanakan mulai tahun 2008, artinya sudah 12 tahun lomba ini dilaksanakan, dan baru tahun 2020 juara umum diraih oleh Provinsi Jawa Timur.

"Di samping perolehan prestasi sebagai juara umum pada ajang kompetensi bergensi tersebut, pada kesempatan penerimaan mahasiswa baru semester gasal periode 2020-2021, siswa-siswi Jawa Timur terbanyak yang diterima melalui jalur SNMPTN," ujar Baihaki.

Sementara itu, Koordinator Forum Aktivis Milenial (FAM) Jatim, Zainuddin menelisik capaian prestasi pendidikan di Jawa Timur pada tahun 2020 tidak akan pernah ada habisnya. Karena itu, ia yakin Jawa Timur bisa menjadi bagian dalam menatap masa depan Indonesia emas 2045.

Menurutnya, mimpi telah menjadi kenyataan, namun ikhtiar dalam meningkatkan kualitas pendidikan belum selesai. Tugas dan tanggung jawab bagi para stakeholder berikutnya adalah melakukan berbagai inovasi kebijakan dan layanan disamping tetap konsisten menjaga dan meningkatkan kualitas Pendidikan yang sudah ada. 

"Arah kebijakan pendidikan Jawa Timur melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebenarnya pemerintah daerah cukup mempunyai keleluasaan dalam mengatur kewenangannya untuk meningkatkan Pendidikan yang lebih berkualitas," urai pemuda yang akrab disapa Jay itu.

Melalui penyesuaian terhadap tema RKP Nasional, maka tema RKPD Tahun 2021 Provinsi Jawa Timur menjadi "Mempercepat pemulihan ekonomi dan Reformasi Sosial” dengan fokus pembangunan Pemulihan Industri, Pariwisata dan Investasi, Reformasi Sistem Kesehatan Jawa Timur, Reformasi Sistem Perlindungan Sosial, Reformasi Sistem Ketahanan Bencana dan Optimalisasi Agrobis berbasis Sinergitas Desa-Kota". (mdr/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah, saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara, karya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...