Tahun 2020, Jawa Timur Raih Banyak Prestasi di Bidang Pendidikan

Tahun 2020, Jawa Timur Raih Banyak Prestasi di Bidang Pendidikan Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT, Kepala Dinas Pendidikan Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai kebutuhan dasar masyarakat, pendidikan menjadi hal wajib yang harus mendapat perhatian serius. Melalui Jatim Cerdas yang digagas dalam Nawa Bhakti Satya (Visi-Misi Gubernur Jawa Timur), Gubernur Jawa Timur berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadi salah satu program prioritas.

Sejak diimplementasikan pada tahun 2019 lalu, Jatim Cerdas bersama beberapa program lainnya langsung mendapat perhatian serius dari beberapa pemangku kebijakan dan para leading sector

Hal tersebut menunjukkan bahwa sembilan program yang dikemas dalam Jatim Cettar menjadi harapan bersama dalam menyongsong masa depan Jawa Timur yang lebih baik.

Baihaki Siradj, Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mencatat, pertama sekali capaian yang mampu membanggakan masyarakat Jawa Timur adalah dengan berhasilnya menjadi juara umum pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN). Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa, dimana sejak dilaksanakannya kegiatan kompetisi tersebut, Provinsi Jawa Timur pertama kali mencatatakan capaiannya sebagai juara umum pada tahun 2020.

"Dalam perhatian kami, hal tersebut tidak lepas dari peran Kepala dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T.) yang mampu menerjemahkan dan merealisasikan target Pendidikan yang diharapkan oleh Gubernur Jawa Timur (Khofifah Indar Parawansa) dan Wakil Gubernur (Emil Elistianto Dardak)," tutur Baihaki, Senin (18/1/21).

Baihaki mengutip dari laman Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bahwa pemenang dalam salah satu kompetensi pendidikan paling bergensi di Indonesia adalah Jawa Timur. Prestasi tersebut dapat diketahui dengan perolehan 70 medali yang teridiri dari 19 medali emas, 24 perak, dan 27 perunggu.

Lomba Kompetisi Sains Nasional itu dilaksanakan sejak tahun 2002. Selama 18 tahun tersebut sebagai juara umum banyak diraih DKI Jakarta, baru di tahun 2020 ini sebagai juara umum direbut oleh Jawa Timur.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO