​Meski Tak Terapkan PPKM, Masyarakat Tuban Tetap Patuhi Prokes

​Meski Tak Terapkan PPKM, Masyarakat Tuban Tetap Patuhi Prokes Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban Endah Nurul Qomariyati. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban tidak termasuk wilayah yang diwajibkan untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (). Namun begitu, masyarakat Kabupaten Tuban diminta tetap waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat beraktivitas.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban Endah Nurul Qomariyati kepada BANGSAONLINE.com, Senin (11/1/2021).

"Meski tidak termasuk daerah yang diwajibkan , Satgas Covid-19 semua tingkatan konsisten melakukan pencegahan dan penanggulangan," ujar Endah.

Langkah tersebut di antaranya mengoptimalkan kegiatan penyuluhan berupa Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE), serta penegakan protokol kesehatan sesuai dengan Perbup Tuban Nomor 65 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19.

"Satgas juga akan memperketat pemberian izin rekomendasi kegiatan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban itu menjelaskan, membatasi beberapa kegiatan masyarakat yang berisiko tinggi terjadinya penularan. Pembatasan tersebut mencakup tempat kerja, rumah makan, sekolah, pertokoan.

"Dengan mengurangi kegiatan yang berisiko tinggi, diharapkan kejadian transmisi bisa dikurangi dan tambahan pasien terkonfirmasi positif bisa ditekan," tuturnya.

Selanjutnya, pihaknya mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran dan saling mengingatkan mengenai disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun, dan Menjaga Jarak) guna mencegah penularan Covid-19. Selain itu, mengurangi aktivitas di luar rumah untuk kegiatan yang tidak mendesak.

"Tempat paling aman adalah di rumah, bepergian dilakukan hanya bila benar-benar diperlukan," sambungnya. (gun/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO