Senin, 01 Maret 2021 14:21

​Pemkot Kediri Terus Kawal Pembagian BST, Jika Tak Sesuai Kriteria Dialihkan

Sabtu, 09 Januari 2021 09:23 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
​Pemkot Kediri Terus Kawal Pembagian BST, Jika Tak Sesuai Kriteria Dialihkan
Salah seorang warga Kota Kediri saat menerima bantuan. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bantuan Sosial Tunai dari Kementerian Sosial kembali disalurkan oleh Pemerintah Kediri. Memasuki tahap ke-10, lebih dari 10.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Kediri menerima bantuan senilai Rp. 300.000,-.

“Jadi sesuai instruksi presiden, pembagian bantuan sosial sudah bisa dimulai di minggu pertama bulan Januari. Di Kota Kediri pembagian dilakukan hari ini dan senin minggu depan,” kata Triyono Kutut Purwanto, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri.

Menurut dia, data penerima BST ini turun dari pusat pada hari Selasa (5/1) lalu. “Data baru kami terima minggu ini tepatnya hari Selasa kemarin, dan berpedoman dari data ini kami menyalurkan bantuan dan melakukan verifikasi,” jelasnya.

Pembagian BST ini masih sama seperti tahap sebelumnya, bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia. Namun, untuk menjaga penerapan protokol kesehatan tetap berjalan, pembagian dilakukan di sejumlah tempat.

“Penyaluran bantuan sosial tunai ini kami lakukan tidak hanya di Kantor Pos, tetapi juga di sejumlah kelurahan untuk memecah kerumunan,” imbuh Kutut saat ditemui di Kelurahan Banjaran, Jumat (8/1).

Dalam penyaluran BST yang dilakukan hari ini ditemukan beberapa penerima yang tidak sesuai kriteria. “Kami terus kawal dan lakukan verifikasi kepada penerima bantuan sosial ini. Bilamana penerima tidak sesuai dengan kriteria, ya terpaksa harus kami hentikan dan kami alihkan ke yang lebih berhak,” tandasnya.

Saat pendataan memang didapati ada penerima BST yang tidak tepat sasaran. Di antaranya mereka adalah pensiunan, pengusaha yang usahanya tidak terlalu terdampak dan relatif berjalan normal, hingga didapati seorang istri yang suaminya masih berstatus sebagai pegawai di luar kota.

Fauzi, salah satu warga Kelurahan Campurejo mengapresiasi hal ini. “Saya sangat mendukung upaya pemerintah ini, sudah seharusnya dilakukan verifikasi, supaya yang benar-benar terdampak dan membutuhkan mendapatkan bantuan,” ungkapnya

Hal senada juga diungkapkan oleh Nana, warga Kelurahan Banjaran. “Saya setuju, verifikasi ini penting. Tapi harapan saya verifikasi ini benar-benar lebih teliti, karena pandemi seperti saat ini banyak yang terdampak juga,” harapnya.

Kendati demikian, Kutut menegaskan bahwa sudah 99% di tahun 2020 kemarin, warga Kota Kediri mayoritas sudah menerima bantuan. “Alhamdulillah 2020 kemarin mayoritas sudah menerima bantuan dari berbagai sumber,” ujar Kutut.

Di tahun 2021 ini, sejumlah bantuan yang rencananya akan disalurkan di samping BST adalah BPNT Reguler, BPNTD, dan bantuan khusus difabel. Sedangkan untuk program bantuan dari provinsi yaitu Jaringan Pengaman Sosial (JPS) sudah berhenti, begitu pula dengan program SAHABAT.

“Oleh karena itu, verifikasi ini benar-benar kami lakukan dengan teliti, jadi yang tidak sesuai kriteria bisa dialihkan kepada yang benar-benar sangat membutuhkan,” pungkas Kutut. (uji).

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 01 Maret 2021 08:13 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Ternyata banyak sekali putra Indonesia yang punya potensi unggul. Di berbagai bidang. Termasuk penemuan tes Covid-19. Dalam tulisan edisi Senin, 1 Maret 2021, ini Dahlan Iskan mengangkat tentang I-Nose, hasil p...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...