Senin, 01 Maret 2021 07:03

Terdampak Pandemi, 298 Sopir Angkot di Kota Batu Terima Dana BLT

Selasa, 29 Desember 2020 10:32 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
Terdampak Pandemi, 298 Sopir Angkot di Kota Batu Terima Dana BLT
Suasana terminal Kota Batu. Banyak angkutan kota yang tidak beroperasi selama pandemi Covid-19.

KOTA BATU,BANGSAONLINE.com - Sopir angkutan kota (angkot) di Kota Batu kembali menerima kucuran dana bantuan langsung tunai (BLT) dampak Covid-19. Jika sebelumnya mendapat bantuan dari program Polri Peduli Keselamatan (PPK), kali ini BLT datang dari Pemkot Batu. Masing-masing pengemudi mendapat bantuan Rp 900 ribu.

"Akhirnya Pemkot Batu memberikan bantuan kepada para sopir angkutan kota di Batu. Masing-masing sopir mendapat Rp 900 ribu," ujar Heri Junaidi, Ketua Paguyuban Sopir Angkot 9 Jalur Kota Batu, Selasa (29/12/2020).

Ia mengungkapkan, jumlah sopir yang sudah menerima bantuan sebanyak 298 orang. Mereka berasal dari anggota Paguyuban Sopir Angkot 9 Jalur Kota Batu dan semuanya berasal dari Kota Batu.

"Yang menerima bantuan ini hanya bagi mereka yang berdomisili di Kota Batu saja," ungkap Heri.

Dana Rp 900 ribu yang diterima sopir itu merupakan akumulasi bantuan selama 3 bulan, yakni bulan Oktober, November, dan Desember. Per bulannya, tiap sopir mendapat jatah Rp 300 ribu. Dana tersebut kemarin diserahkan oleh dinas sosial, bertempat di Terminal Batu.

"Mewakili teman-teman, saya sebagai Ketua 9 Jalur menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Batu yang peduli nasib pengemudi. Semoga bantuan ini terus berlanjut sampai pandemi Covid-19 berakhir," harapnya.

Suwaji, Sopir Angkot Jalur Batu-Selecta membenarkan jika pihaknya telah menerima BLT bagi para sopir. Namun, dia mengungkapkan bahwa yang menerima hanya sopir yang berdomisili di Kota Batu.

"Yang dapat bantuan hanya sopir dari Kota Batu. Namun atas inisiatif teman-teman, sopir yang dari Kabupaten Malang juga diberi dari hasil urunan," ungkapnya.

Menurutnya, adanya BLT cukup membantu para sopir memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, sejak pandemi Covid-19 ditambah tutupnya tempat wisata membuat pendapatan sopir terpuruk. Dari sekitar 300 armada, yang beroperasi hanya sekitar 25 armada.

Sementara itu, Kadishub Kota Batu Drs. Imam Suryono berharap BLT ini bisa meringankan beban perekonomian para sopir. Diakuinya, sejak pandemi Covid-19 tingkat pendapatan sopir menurun.

"Saya berharap dengan bantuan sebesar itu, para juru mudi bisa terbantu dalam masa pandemi sekarang ini. Mohon jangan dilihat nilainya, tapi itikad pemerintah yang peduli terhadap sopir angkot. Jadi semua komponen masyarakat mulai dari warga miskin, pelaku wisata, sampai pada sopir angkot bisa terbantukan di masa pandemi ini," ungkapnya.

Realisasi BLT bagi para sopir angkot ini, lanjut Imam, merupakan hasil pengusulan Dishub Kota Batu. Selanjutnya untuk penganggaran dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Batu. (asa/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah, saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara, karya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...