​Malam Tahun Baru, Delapan Jalur di Kota Batu Ditutup

​Malam Tahun Baru, Delapan Jalur di Kota Batu Ditutup

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tepat pada malam pergantian tahun, 8 jalur di dipastikan akan ditutup. Jalur yang ditutup di antaranya, Jalan Gajahmada, Jalan Kartini, Jalan Sudiro, Jalan Agus Salim, Jalan Diponegoro, Jalan Kawi, Jalan Panderman, dan Jalan Semeru.

Beberapa jalan yang awalnya dua jalur juga akan diubah menjadi satu jalur, seperti Jl. W.R. Supratman hanya bisa dilewati kendaraan dari arah Jl Diponegoro (timur menuju barat) dan Jl. Ahmad Yani hanya bisa dilewati kendaraan dari arah selatan menuju utara.

Begitu juga dengan kendaraan dari arah barat, semuanya dilewatkan Jalan Panglima Sudirman. Kendaraan yang hendak menuju Kota Malang dilewatkan Simpang 3 Bendo – Desa Giripurno dan keluar di Karangploso, Kabupaten Malang.

Sementara sebagian Jalan Suropati di dekat TMP ditutup untuk kendaraan yang hendak menuju ke Museum Angkut. Kendaraan dari arah Pesanggrahan yang hendak menuju ke Museum Angkut, harus memutar melalui Jalan Semeru.

Kadishub Imam Suryono mengatakan, penutupan jalur ini akan diterapkan pada Kamis 31 Desember pukul 12.00 WIB sampai Jumat 1 Januari pukul 01.00 WIB. "Teknisnya, pengendara harus melewati jalan memutar melalui Jalan W.R. Supratman, Jalan Brantas, Jalan Bromo, Jalan Kelud, dan Jalan Arjuno," kata dia.

Sementara untuk sepanjang Jalan Panglima Sudirman, nantinya akan dijadikan satu lajur saja dari arah barat menuju ke timur. “Karena nanti akan ada PKL pindahan dari alun-alun serta PKL dari warga sekitar,” imbuhnya.

Imam menambahkan, keramaian di Alun-alun dipastikan tidak akan terjadi tahun ini. "Biasanya di Masjid An-Nur setiap malam pergantian tahun kan selalu ada pengajian, dengan hormat tahun ini dalam kondisi pandemi terpaksa ditiadakan," kata mantan Plt Kadisparta ini.

Terpisah, Kasatlantas Polres Batu, AKP Mala Darlius Kurniawan mengatakan, Satlantas Polres Batu tetap melakukan rekayasa arus lalu lintas di jalan akses menuju ke Alun-alun meski SE Wali Kota telah menyatakan penutupan Alun-alun Batu.

"Kemarin sudah kita lakukan uji coba rekayasa arus lalu lintas seperti skema pengalihan arus lalu lintas saat malam pergantian tahun nanti," jelasnya.

Terkait parkir, ada beberapa kantong yang disiapkan agar tidak menghambat kelancaran lalu lintas saat malam tahun baru nanti. "Nanti pengalihannya kita arahkan ke Deduwa Oleh-Oleh di Jl. Diponegoro, Brawijaya Oleh-Oleh di Jl. Diponegoro, Jl. Brantas, Jl. PB Sudirman, Jl. Sultan Hasan Halim, Balai Kota Among Tani, Perum Panorama, dan Ex Wastra Indah," tandasnya. (asa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO