​Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru, Pemkot Kediri Bersama TPID Lakukan Inspeksi

​Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru, Pemkot Kediri Bersama TPID Lakukan Inspeksi Tim TPID Kota Kediri saat sidak di Pasar Tradisional Setonobetek Kota Kediri. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Naiknya harga-harga komoditas tertentu, terutama bahan-bahan pokok menjelang hari besar sering kali terjadi. Meski demikian, Pemkot Kediri bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya untuk "mengendalikan" harga-harga.

Oleh karena itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri bersama dengan TPID melakukan inspeksi harga kebutuhan pokok di pasar tradisional dan modern.

"Inspeksi ini kami lakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga jelang Natal dan Tahun Baru 2021," kata Tanto Wijohari, Kepala Disperdagin Kota Kediri, Rabu (23/12/2020).

Dalam inspeksi yang dilakukan di Pasar Setonobetek dan Hypermart, tim tidak menemui lonjakan harga yang signifikan. Menurut Tanto, ketersediaan dan harga barang-barang kebutuhan pokok secara umum terpantau aman dan stabil.

"Sejumlah komoditas baik ketersediaan barang hingga harga sejauh ini terpantau aman dan stabil, hanya saja untuk komoditas ayam mengalami kenaikan menjadi Rp 33.000 per kg dan telur ayam Rp 26.000 per kg," imbuh Tanto.

Kegiatan monitoring pasar menjelang hari besar ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanto Wijohari, diikuti oleh unsur-unsur TPID yang terdiri dari Bank Indonesia Kota Kediri, Barenlitbang, DKPP, Dinas Kesehatan, UPT Perlindungan Konsumen, Bulog Kediri, dan Perumda Pasar Joyoboyo Kota Kediri.

Pemerintah Kota Kediri berharap, melalui agenda yang rutin dilakukan terutama saat menjelang hari-hari besar ini memberikan dampak yang positif bagi setiap lapisan masyarakat. Baik untuk produsen, distributor, maupun konsumen. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO