​Ciptakan Inovasi, Pengadilan Tinggi Surabaya Raih Penghargaan WBK dari Menteri PAN-RB

​Ciptakan Inovasi, Pengadilan Tinggi Surabaya Raih Penghargaan WBK dari Menteri PAN-RB Pemberian penghargaan dilakukan secara daring di Pengadilan Tinggi Surabaya, Senin (21/12/2020) kemarin.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pengadilan Tinggi Surabaya (PTS) meraih penghargaan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Menteri PAN-RB. Pemberian penghargaan tersebut dilakukan secara daring di Pengadilan Tinggi Surabaya, Senin (21/12/2020) kemarin.

Dr. H. Herri Swantoro, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya (PTS) menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa inovasi dan pelayanan guna memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan SOP yang berlaku dan bebas dari korupsi.

"Ada beberapa inovasi yang kami ciptakan. Di antaranya aplikasi Sinatra. Ini adalah aplikasi untuk perpanjangan penahanan. Jadi ketika pengadilan negeri mengajukan perpanjangan penahanan bisa dilakukan melalui aplikasi, sehingga pelaksanaannya bisa dilakukan tepat waktu," jelasnya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan inovasi command center, yang mana kamera CCTV di Pengadilan Tinggi Surabaya terhubung dengan CCTV yang ada di pengadilan negeri di masing-masing daerah. Melalui aplikasi ini pengawasan sidang atau hal lainnya dapat dilakukan tanpa harus datang langsung ke lokasi.

Sementara inovasi untuk internal, pihaknya menyiapkan aplikasi Sigma yang merupakan presensi online yang menggunakan face recognition.

"Bedanya dengan aplikasi lain, ini harus dilakukan di satu tempat. Tidak bisa dilakukan di mana-mana. Jadi tidak bisa dimanipulasi, apalagi menggunakan face recognition yang tidak bisa dipresensikan orang lain," terangnya.

"Kemudian ada juga inovasi-inovasi lainnya yang diciptakan guna mempermudah masyarakat dalam menerima pelayanan dan menghindari potensi penyalahgunaan tindak pidana korupsi," tambahnya.

Dengan adanya inovasi ini, menjadi salah satu penguat penilaian Pengadilan Tinggi Surabaya untuk mendapatkan predikat WBK dari Menteri PAN-RB.

"Semoga dengan adanya penghargaan ini, kami semakin memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Kemudian kami juga berharap tahun depan bisa meraih predikat WBBM," pungkasnya. (ida/uzi/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO