Senin, 17 Mei 2021 05:31

​Hadapi Sengketa Hasil Sidang MK, Bawaslu Surabaya Gelar Rakor Libatkan 31 Kecamatan

Senin, 21 Desember 2020 20:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nanang Fachrurozi
​Hadapi Sengketa Hasil Sidang MK, Bawaslu Surabaya Gelar Rakor Libatkan 31 Kecamatan
Bawaslu Surabaya melakukan rakor dan verifikasi kelengkapan dokumen hasil pengawasan Pilwali Surabaya 2020.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Surabaya melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dan verifikasi kelengkapan dokumen hasil pengawasan Pilwali Surabaya 2020.

Rakor yang melibatkan 31 Panwascam se-Surabaya itu dipersiapkan sebagai persiapan sengketa hasil atau perselisihan hasil pemilihan (PHP) pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Rakor ini juga sebagai persiapan guna menghadapi sidang sengketa hasil (PHP) peserta pilwali yang mengajukan gugatan sengketa," ujar Yaqub Baliyya Al Arif, Kordiv. HDI dan Humas Bawaslu Surabaya, Senin (21/12) di Hotel Shangri-La.

"Perselisihan hasil pemilihan (PHP) di MK tidak sekadar memberikan jawaban terkait jawaban pemohon saja, melainkan juga sebagai ajang pembuktian kerja pengawasan yang telah dilakukan," ulas Yaqub.

BACA JUGA : 

​Bawaslu Kota Surabaya Serahkan Laporan Hasil Pengawasan Pilkada 2020 ke Pemkot dan DPRD

Soal Penangguhan PAW Bawaslu Surabaya, Pengamat Hukum: Taati Aturan Regulasi, Jangan Saling Jegal

Pelantikan PAW Terpilih Bawaslu Surabaya Ditangguhkan Tanpa Ada Kepastian

Bawaslu RI Verifikasi Lima Kandidat PAW Bawaslu Kota Surabaya

"Pengumpulan dan penataan data untuk persiapan PHP ini bukan sekadar memberikan jawaban terkait dengan jawaban pemohon. Tetapi kita bisa membuktikan kinerja pengawasan selama pilwali berlangsung," tambahnya.

Yaqub menjelaskan, rakor bawaslu dan jajaranya ini sebagai salah satu persiapan pembuktian kerja-kerja pengawasan di lapangan, baik itu pengawas tingkat kecamatan, maupun kelurahan atau desa.

Sekadar diketahui, Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2, Machfud-Mujiaman (Maju) melakukan gugatan sengketa ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menyikapi hasil rekapitulasi suara Pilkada Surabaya 2020 yang ditetapkan KPU Surabaya.

Di Pilwali Surabaya 2020, KPU menetapkan Paslon Nomor Urut 1, Eri Cahyadi dan Armudji (Erji) unggul dalam Pilkada Surabaya 2020 pada Kamis (17/12/20). Menurut Machfud, ada kecurangan sistematis terstruktur dan masif (TSM) dalam Pilkada Surabaya 2020. (nf/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Minggu, 16 Mei 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pembela utama korban kerusuhan 13 Mei 1998 adalah Ita Fatia Nadia. Aktivis perempuan ini kenyang teror. Bahkan ia pernah diancam oleh Jenderal Sintong Panjaitan.Ancaman itu dilakukan sang jenderal di Istana. Saat Fatia ...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...