Gebyar Kopi, Upaya Dinas Pertanian Trenggalek Genjot Daya Saing Kopi Lokal

Gebyar Kopi, Upaya Dinas Pertanian Trenggalek Genjot Daya Saing Kopi Lokal Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek Ir. Didik Susanto. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya mendorong produk tanaman kopi lokal dan sekaligus memberikan nilai tambah bagi peracik kopi di Kabupaten Trenggalek, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek menggelar Gebyar Kopi di Lapangan Bola Voli Jwalita Trenggalek.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek Ir. Didik Susanto dalam keterangannya mengatakan, tujuan daripada kegiatan Gebyar Kopi ini untuk menggairahkan jenis kopi dari hulu sampai hilir.

"Jadi lombanya ini ada dua, yang pertama cita rasa menu kopi dan manual brewing," kata Didik ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (17/12/2020).

Diterangkan olehnya, lomba cita rasa menu kopi ini lebih dititikberatkan dengan memberikan penghargaan kepada petani yang memiliki tanaman kopi dengan kualitas terbaik.

Sementara untuk manual brewing, lanjutnya, lebih dititikberatkan pada apresiasi terhadap para barista yang andal dalam meracik kopi, sehingga pada gilirannya nanti akan memberikan nilai tambah terhadap omzet barista itu sendiri.

Kualitas terbaik tanaman kopi itu, sambungnya, mulai dari pemilihan varietas kemudian pengolahan lahan, pemupukan, pemangkasan, sangrai, sampai dengan panen. "Itu semua berkontribusi pada cita rasa kopi," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO