​Temukan Banyak Kecurangan, Tim Yuriz Siap Tempuh Jalur Gugatan ke MK, Puluhan Ormas Siapkan Demo

​Temukan Banyak Kecurangan, Tim Yuriz Siap Tempuh Jalur Gugatan ke MK, Puluhan Ormas Siapkan Demo 20 ormas Banyuwangi sedang merencanakan aksi demonstrasinya besok Kamis.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Pilkada Banyuwangi yang mempertemukan dua kandidat, yakni Pasangan Cabup-Cawabup nomor urut 01 H. Yusuf Widyatmoko - KH. Muhammad Riza Azizy (Palson Yuriz) dan kompetitornya paslon nomor urut 02 Ipuk Festiandani Azwar Anas - H Sugirah (Ipuk-H. Sugirah), bakal dibawa ke Mahkamah Konsititusi (MK).

Hal itu menyusul adanya dugaan beberapa kecurangan yang ditemukan oleh Tim Pemenangan Yuriz selama proses Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 sampai dengan tahapan penghitungan suara.

“Banyak pelanggaran yang kami temukan, dan sudah kami laporkan ke bawaslu. Jika tidak ada tindakan, Insya Alloh akan ditempuh melalui jalur MK,” ujar Fauzi salah satu tim sukses kemenangan Yuriz.

Sementara informasi yang diterima media ini, sedikitnya 20 ormas saat ini juga menyiapkan demonstrasi menolak hasil Pilkada Banyuwangi ke Kantor Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi. Tuntutan dari 20 ormas ini adalah menolak hasil pilkada dan menuntut penundaan penetapan hasil pemilihan Paslon Bupati - Wakil Bupati Banyuwangi.

"Iya, kami dalam waktu dekat ini akan turun demo ke Bawaslu dan KPU untuk menyuarakan aspirasi kami, yaitu untuk menuntut agar segera memproses temuan temuan dugaan kecurangan dalam pilkada dan meminta penundaan penetapan pilkada," ujar Muhammad, Juru Bicara Rakyat Banyuwangi Bersatu.

Hal yang sama juga disampaikan Arif dari Elemen Klik. Untuk aksi yang direncanakan dipusatkan di GOR Tawangalun Banyuwangi ini, pihaknya memperkirakan 500 orang akan ikut gabung dalam aksi ini. “Insyaallah kami akan turun ke jalan, minimal 500 orang, kami akan terus menjadi gerakan perubahan agar Banyuwangi lebih baik lagi,” pungkas Arif. (bwi1/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO