​Putri Gus Dur: Ikhtiar Langit Sudah Saya Lakukan, Tinggal Menunggu Ikhtiar Lahir Bang RR

​Putri Gus Dur: Ikhtiar Langit Sudah Saya Lakukan, Tinggal Menunggu Ikhtiar Lahir Bang RR Dr. Rizal Ramli, Ekonom Senior. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bulan Desember ini dikenal juga dengan Bulan Gus Dur. Karena selalu diperingati dengan Haul Gus Dur pada setiap 30 Desember. Publik pun mengenang hubungan persahabatan antara Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dengan Ekonom Senior Dr. (RR) yang tak lekang oleh waktu. RR dikenal sebagai sahabat setia Gus Dur, bersama Mahfud MD, Khofifah Indar Parawansa, dan Luhut Binsar Panjaitan.

Saat Gus Dur menjadi presiden, ekonomi Indonesia dipercayakan kepada sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Karena itu, pada zamannya, ekonomi Indonesia yang semula minus, tumbuh hingga 7 persen.

Demikian juga setelah Gus Dur tidak lagi menjadi presiden, persahabatan antara Gus Dur dan tokoh nasional ini menjadi semakin lengket. Bahkan, Gus Dur pernah mengungkapkan bahwa dia mempersiapkan Mantan Menko Kemaritiman ini untuk menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia.

Kini, setelah Gus Dur wafat, persahabatan tersebut menurun ke anak Gus Dur, Yenny Zannuba Wahid atau dikenal dengan Yenny Wahid. Memang, persahabatan antara RR dengan Yenny Wahid, termasuk pula anak Gus Dur yang lain, sudah terjalin saat Gus Dur masih hidup.

Bukti persahabatan itu juga dibawa Yenny Wahid saat berada di Madinah. Saat berada di Raudhah, Madinah, Yenny sempat mendoakan Indonesia agar selalu aman tenteram sentosa.

“Alhamdulillah, dapat kesempatan berdoa agak lama karena dijaga oleh petugas dari ‘Minister of Hajj‘. Doa saya agar Indonesia selalu tenteram dan rakyatnya makmur sejahtera,” kata Yenny dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini.

Yenny berujar bahwa ikhtiar langit sudah dilakukannya, tinggal menunggu ikhtiar lahir yang akan dilakukan oleh bersama kawan-kawannya.

“Ikhtiar langit sudah saya lakukan, tinggal ikhtiar lahir, Bang Rizal dkk yang berjuang,” sambung Yenny.

Bang RR, sapaan , saat dikonfirmasi terkait harapan putri Gus Dur itu menjawab dengan apresiasi tinggi. Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Yenny atas doanya itu.

“Terima kasih Yenny atas doanya untuk bangsa kita. Sayang jika bangsa yang besar ini menghabiskan energi untuk hal-hal tidak membawa kedamaian, keadilan, dan kemakmuran. 'What a pity, what a loss of opportunity?’,” ujar ekonom yang di Jawa Timur dikenal dengan sapaan Gus Romli itu. (mdr/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO