​76 Hotel dan Restoran di Kota Batu Terima Hibah Rp 15 Miliar

​76 Hotel dan Restoran di Kota Batu Terima Hibah Rp 15 Miliar Sujud Hariadi, Ketua PHRI Kota Batu. (foto: ist)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya 76 pelaku usaha hotel dan di pada akhir tahun ini akan menerima dana hibah pariwisata sebesar Rp 15 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Sujud Hariadi, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia () mengatakan, tidak semua hotel dan di menerima dana hibah dari pemerintah pusat. Sebab, ada verifikasi yang dilakukan untuk menentukan kelayakan penerima dana hibah, dan hasil verifikasi, hanya terdapat 76 hotel dan di yang akan menerima dana hibah akibat dampak Covid-19.

“Setelah diverifikasi, ada 76 hotel dan yang akan menerima dana hibah. Sedangkan sendiri dalam proses pencairan tidak ikut serta atau tidak cawe-cawe. Murni urusan pemerintah pusat, daerah, dan pelaku usaha, dari rekening Pemkot Batu langsung ke rekening pelaku usaha,” kata Sujud Hariadi, saat ditemui di kantornya di Selecta , Senin (14/12/2020).

Sujud menjelaskan, syarat bagi hotel dan agar bisa menerima dana hibah tersebut, pertama, hotel dan sesuai database wajib pajak tahun 2019 di daerah penerima hibah. Kedua, hotel dan masih beroperasi hingga pelaksanaan dana hibah pariwisata sampai pada sekarang ini tahun 2020.

“Berikutnya, adalah hotel dan penerima bantuan juga wajib memiliki perizinan berusaha yaitu tanda daftar usaha pariwisata atau TDUP yang masih berlaku. Berikutnya pelaku usaha wajib membayarkan dan memiliki bukti pembayaran pajak pada tahun 2019,” jelasnya.

Dana hibah pariwisata yang diterima pelaku usaha hotel dan tidak utuh Rp 15 miliar. Tapi sesuai aturan juklak dan juknis itu hanya berkisar Rp 10 miliar, sedangkan Rp 5 miliarnya atau 30 persennya digunakan Pemkot Batu untuk penanganan dampak dari pandemi Covid-19 di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. (asa/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO