​Tak Main Potong Sembarangan, Risma Beberkan Cara Perantingan Pohon yang Benar

​Tak Main Potong Sembarangan, Risma Beberkan Cara Perantingan Pohon yang Benar Wali Kota Risma meninjau perantingan di Jalan Raya Darmo.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengungkapkan alasan banyak menanam pohon di berbagai wilayah Kota Pahlawan, terutama di jalan-jalan protokol. Selain berfungsi untuk penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida, pohon juga menambah suasana kota menjadi lebih sejuk dan asri.

"Kenapa Bu Risma tanam pohon banyak, karena supaya Surabaya lebih dingin. Karena kalau panas orang akan mudah emosi, mudah marah. Jadi kenapa kita harus tanam pohon sebanyak-banyaknya," kata Risma saat memberikan arahan kepada jajarannya di sela  kegiatan kerja bakti di sekitaran Taman Mayangkara, Minggu (13/12).

Dalam arahannya itu, Risma juga menjelaskan tata cara atau teori perantingan pohon kepada jajaran Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya. Ini dilakukan agar petugas tidak sembarang dalam melakukan perantingan pohon.

"Kalau di atas itu banyak daun, maka pohon itu akan berat, sehingga kalau kena angin dia gampang tumbang karena daya dorongnya (angin) semakin tinggi. Karena itu pohon juga tidak boleh terlalu tinggi," ujarnya.

Risma menjelaskan, ketika pohon itu terlalu banyak daun, maka cahaya matahari tidak masuk. Apalagi, saat terjadi angin kencang maka beban pohon akan semakin berat karena angin tidak bisa melintas di ranting dan daun.

"Makanya daun-daun di atas harus diranting supaya cahaya matahari dan angin bisa lewat. Sehingga pohon itu tidak mudah roboh," jelasnya.

(Wali Kota Risma sedang memberikan arahan cara melakukan perantingan yang baik dan benar kepada jajarannya. foto: ist.)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO