Batal Nikah Karena Terhalang Hitungan Weton

Batal Nikah Karena Terhalang Hitungan Weton Dr. KH Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<.

Pertanyaan:

Assalamualaikum Wr. Wb. Pak Kyai problem saya sangat berat, saya sangat mencintai dengan calon saya kemudian sudah ada lamaran, hari pernikahan yang ada sudah ditentukan tanggal dan harinya, akhirnya gagal menjadi kenyataan, dengan alasan menurut perhitungan jawa kami ketemu 30 yang jika dilanjutkan salah satu dari kami ada yang mati, rasanya sangat berat, calon istri saya sering semaput pingsan. Kedua orang tua kami sepakat pernikahan dibatalkan. Di satu sisi kami ingin berbakti kepada kedua orangtua, harus kah pernikahan ini dibatalkan ? mohon solusinya! Wassalamualaikum wr wb. (Yuli, Tuban)

Jawaban:

Inti dari permasalahan yang Bapak hadapi adalah masih adanya sebuah kepercayaan terhadap pengaruh weton atau hitungan jawa terhadap baik buruknya kehidupan Bapak di masa yang akan datang. Hal demikian itu termasuk bagian dari bentuk syirik kecil, yang mempercayai baik buruknya seseorang atau kehidupan ini didasarkan bukan kepada Allah, padahal hanya Allah lah yang mengetahui segala bentuk kebaikan dan keburukan di masa yang akan datang.

Sesuatu yang hubungannya dengan masa depan adalah ghaib dan hal yang ghaib hanya Allah jua yang mengetahui. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt yang berbunyi:

“Katakanlah: "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah". (Qs. An-Naml:65).

Begitu juga percaya dengan nasib buruk karena sesuatu hal seperti, weton, panjang pendeknya nama, hari lahir dan hitungan-hitungan jawa itu dilarang oleh Rasulullah saw. Sebuah hadis laporan dari Abu Hurairah yang menyatakan :

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO