​Kerja Bakti Gali Tanah, Warga Desa Menang Kediri Temukan Objek Diduga Cagar Budaya

​Kerja Bakti Gali Tanah, Warga Desa Menang Kediri Temukan Objek Diduga Cagar Budaya Nino Subekti, saat menunjukkan tumpukan batu bata kuno yang diduga sebagai objek cagar budaya. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebuah objek diduga , berupa struktur batu bata kuno, ditemukan oleh warga Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri saat akan menggali tanah untuk pelebaran area Sendang Widodaren.

Sendang Widodaren sendiri terletak di sebelah selatan, kurang lebih 1,5 km dari Sendang Tirto Kamandanu yang diyakini sebagai tempat bersuci Raja Kediri Sri Aji Jayabaya sebelum moksa.

Nino Subekti, salah seorang aktivis lingkungan yang sedang melakukan aksi tanam pohon di area Sendang Widodaren, mengatakan bahwa awal penemuan struktur batuan ini saat masyarakat setempat melakukan kegiatan kerja bakti di sisi utara Sendang Widodaren.

"Agar area lebih luas, warga menggelar kerja bakti dengan menggali tanah di sisi utara sendang. Kemudian tak sengaja waktu menggali menemukan tumpukan bata kuno," kata Nino Subekti di sela-sela aksi tanam penghijauan bersama warga, Minggu (6/12/2020).

Menurut Nino, tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri sudah mengecek ke lokasi penemuan objek diduga tersebut. Tetapi, sejauh ini belum diketahui bentuk apa sebenarnya.

"Beberapa hari lalu, sudah ada petugas yang mengecek ke sini. Namun tindak lanjutnya, kami belum mengetahui," imbuh Nino Subekti yang juga Anggota Pegiat Lingkungan Eks Putra-Putri Pramuka Indonesia (EPPI) itu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO