​Fondasi Jembatan di Desa Sengon Jombang Ambrol, Akses Jalan Warga Terputus

​Fondasi Jembatan di Desa Sengon Jombang Ambrol, Akses Jalan Warga Terputus Kondisi jalan jembatan yang ambrol. (foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Fondasi jembatan di Dusun Ngesong, Desa Sengon, Kecamatan/Kabupaten Jombang ambrol. Hal itu membuat patahan pada jembatan yang menjadi akses jalan warga menuju jalan raya.

Peristiwa ambrolnya fondasi jembatan tersebut terjadi pada Jumat (4/12/2020) sekira pukul 07:00 WIB. Alhasil, warga yang hendak menuju ke jalan raya harus berputar sejauh 2 kilometer.

Dari keterangan Hermawan, warga sekitar lokasi jembatan mengatakan, bahwa tidak ada tanda-tanda sebelum terjadi peristiwa ambrolnya fondasi jembatan. Namun, ia menyebut bahwa selama dua hari kemarin, arus sungai di bawah jembatan cukup deras akibat intensitas hujan cukup tinggi.

"Kejadiannya sekitar jam 7 pagi. Ndak ada tanda-tanda kalau akan runtuh. Cuman dua hari ini banjirnya cukup besar," ujarnya.

Lebih lanjut, Hermawan mengatakan jika selama hujan berlangsung, dari arah selatan arus air membawa sampah berupa kayu dan bambu. Serta tadi pagi ada sebuah mobil roda empat jenis Avanza yang lewat di atas jembatan tersebut.

"Banyak bambu, batang pohon besar-besar menyumbat di bawah jembatan itu, cuman gak ada tanda-tanda ambruk. Terus ada mobil lewat langsung runtuh. Tapi mobil itu gak tahu kalau jembatan runtuh," terangnya.

Kemudian, masih lanjut Hermawan, ada warga setempat yang hendak lewat di atas jembatan. Namun ia berhenti lantaran mengetahui bahwa ada lubang di antara jembatan dan jalan. Seketika itu, warga mengetahui jika jembatan sudah alami kerusakan.

"Selang dua jam, mulai satu per satu, materialnya mulai berjatuhan, dan jarak setengah jam kemudian, semua warga mendengar ada suara patah yang cukup keras, nah mulai retak semua sekitar jam 8.30 WIB, patah semua," tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO